Kompas.com - 30/04/2021, 15:20 WIB
Ilustrasi bekerja di kedai kopi SHUTTER STOCKIlustrasi bekerja di kedai kopi

KOMPAS.com - Para pekerja freelance sudah akrab dengan tuduhan tidak bekerja, penganggur, dan dianggap hanya bermalas-malasan di rumah.

Bukan hanya dari tetangga atau lingkungan sekitar, anggapan ini bahkan kerap kali muncul dari orangtua sendiri.

Kita dianggap hanya menghabiskan waktu dengan menonton serial Netflix atau drama Korea, padahal sibuk mengerjakan proyek.

Hal ini khususnya dialami oleh para freelancer yang masih tinggal serumah dengan orangtuanya. Meskipun terbukti punya penghasilan sendiri, sulit menjelaskan dan meyakinkan mereka bahwa kita sebenarnya punya pekerjaan.

Karena dianggap punya banyak waktu luang, kita sering direpotkan dengan berbagai permintaan yang mengganggu fokus pekerjaan. Misalnya saja mengasuh keponakan atau diajak berkebun.

Selain itu, orangtua kerap menyarankan kita untuk melamar pekerjaan yang dianggap lebih mapan, seperti PNS atau pegawai bank.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika mengalami hal tersebut, jangan langsung marah kepada orangtua. Ayah dan ibu kita tentu saja berniat baik dan ingin yang terbaik untuk anaknya.

Anggapan tersebut umumnya muncul karena ketidaktahuan orangtua akan pola kerja baru, termasuk sistem freelancing.

Generasi terdahulu tidak paham bahwa teknologi bisa membawa pekerjaan langsung ke rumah sehingga tak perlu lagi pergi ke kantor.

Baca juga: 17 Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan di Rumah dan Hasilkan Banyak Uang

Dibandingkan hanya sekadar memendam kesal, ada baiknya mencari tahu cara terbaik menjelaskan pekerjaan yang kita jalani kepada orang tersayang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X