Kompas.com - 01/05/2021, 12:35 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com – Makanan rendang khas Sumatera Barat dinobatkan menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

Tak heran jika makanan ini sangat digemari banyak orang. Bahkan saat Ramadhan dan Lebaran nanti, rendang bisa menjadi pilihan.

Namun tak banyak yang tahu cara membuat rendang yang benar dan sesuai dengan resep aslinya dari Padang.

“Saya dapat resepnya langsung dari Padang dan rasanya ternyata emang beda, enak banget,” ujar Executive Chef Grand Hotel Preanger, Sigit Hendrawan kepada Kompas.com dalam Iftar Ramadhan, Kamis (29/4/2021).

Sigit menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila ingin membuat rendang yang enak. Langkah pertama tentu saja pemilihan daging. Carilah daging sapi segar. Bila daging sudah dimasukkan freezer, biarkan meleleh dengan sendirinya.

“Semua bahan yang bagus proteinnya seperti daging sapi cepat rusak. Jadi kalau dari freezer, diamkan saja, jangan direndam air, karena daging bisa rusak,” ungkap Sigit.

Langkah selanjutnya komposisi bumbu, perbandingannya 1:1. Jadi 1 kg daging sapi, 1 liter santan, 1 kg cabai tanpa biji, dan lainnya.

Kemudian mulailah memasak dengan memasukkan santan terlebih dahulu, lalu daging, dan bumbu lainnya di api kecil.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 8 jam hingga santan menjadi minyak dan daging rendangnya sangat empuk.

Rendang ini tanpa gula dan penyedap rasa. Cukup dengan garam saja, rasanya enak. Asalkan masaknya benar,” tutur Sigit.

Kesalahan yang biasa dilakukan saat memasak rendang adalah menumis daging. Jadi minyak yang dihasilkan berasal dari tumisan daging tersebut.

Begitupun dengan santan. Banyak orang yang memasukkan santan di bagian akhir. Padahal menurutnya, yang paling awal dimasukkan sebaiknya adalah santan dan daging dalam kondisi yang mentah.

Buat kamu yang penasaran dengan rasa rendang buatan chef Sigit, tinggal datang saja ke Grand Hotel Preanger Bandung.

Baca juga: Mengenal Sisi Budaya Rendang di Festival Nusantara Marandang

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.