Kompas.com - 01/05/2021, 20:27 WIB
ilustrasi bergosip DragonImagesilustrasi bergosip

KOMPAS.com - Gaslighting merupakan kekerasan mental yang memanipulasi seseorang secara psikologis. Korbannya dibuat untuk mempertanyakan sikap dan keputusan yang dibuatnya.

Kekerasan ini umumnya sering ditemukan terjadi dalam hubungan romantis, misalnya pasangan pacaran atau suami istri.

Gaslighting juga bisa terjadi di lingkungan kerja, pelakunya termasuk atasan, manajer, rekan sejawat, klien dan pesaing bisnis.

Imbasnya adalah seseorang mulai mempertanyakan kredibilitas profesionalisme, dan harga diri pribadinya sendiri.

Dalam lingkungan profesional, perilaku ini bisa disebabkan oleh bias sistemik, institusional, atau pengaruh buruk media mainstream maupun media sosial.

Korbannya juga tak selalu individu namun bisa menyasar kelompok untuk dijadikan sasaran. Dibandingkan dalam hubungan romantis, lebih sulit untuk mendeteksi perilaku gaslighting di lingkungan kerja. 

Hal ini dikarenakan interaksi yang jauh lebih banyak dan beragam. Biasanya kepedulian pada korban gaslighting juga minim karena saling mengedepankan kepentingan pribadinya.

Baca juga: Waspada, Ini Tanda Pasangan Melakukan Gaslighting

Dikutip dari Psychology Today, ada tujuh tanda-tanda perilaku gaslighting yang bisa terjadi di lingkungan profesional antara lain:

  • Narasi negatif

Biasanya ini menargetkan soal kinerja, kredibilitas, produk, atau layanan yang dilakukan korban.

Tuduhan ini dilakukan secara persisten dan terus menerus. Hal tersebut hanya didasarkan penilai pribadi, bias, dan tidak berdasarkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X