Kompas.com - 02/05/2021, 09:32 WIB
Ilustrasi bergosip. SHUTTERSTOCK/KzenonIlustrasi bergosip.

KOMPAS.com - Perilaku gaslighting yang dialami di lingkungan kantor tidak boleh didiamkan. Praktik abusif ini harus dihadapi dengan sikap yang tepat agar tidak terjadi berkepanjangan.

Meski biasanya banyak terjadi dalam hubungan personal, perilaku ini juga kerap ditemukan di lingkungan kantor. Pelakunya bisa saja atasan, rekan sejawat atau bahkan atasan kita sendiri.

Hanya saja banyak kasus yang tidak terekspos karena pelakunya begitu mahir membuat korban merasa semua adalah kesalahannya sendiri. Termasuk pula perasaan negatif yang dirasakan dari tindakan tersebut.

Dori Gatter, psikoterapis yang berbasis di Connecticut mengatakan pelaku gaslighting seringkali merupakan orang yang cerdas.

"Kecerdasan mereka, dikombinasikan dengan ketidakmampuan mereka untuk menangani umpan balik negatif, membuat mereka sering mengambil posisi otoritas di tempat kerja," terangnya seperti dikutip dari laman Health.

Sebaliknya, korban akan tergerus kepercayaan dirinya, paranoid, tidak teratur sepanjang waktu sehingga berdampak buruk pada kondisi psikologis. Hal ini juga berimbas pada kehidupan pribadinya di luar kantor.

Baca juga: 7 Tanda Gaslighting di Lingkungan Kerja, Awas Jadi Korbannya

Jika merasa menjadi korban gaslighting, kita harus tegas menyikapinya agar tidak berkepanjangan.

Apa yang bisa dilakukan?

  • Pastikan jika itu perilaku gaslighting

Perilaku abusif ini kadang sulit dicermati. Kenali tanda-tandanya untuk memastikan kamu memang sedang menjadi korbannya.

Atasan yang tegas, menuntut dan disiplin bukan berarti melakukan gaslighting. Kita bisa menyebutan sebagai tindakan gaslighting apabila orang tersebut sama sekali tidak ingin kita sukses.

Halaman:


Sumber Health.com
Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X