Kompas.com - 02/05/2021, 14:38 WIB
Tidur tanpa celana dalam ternyata dapat menjaga kesehatan vagina. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOTidur tanpa celana dalam ternyata dapat menjaga kesehatan vagina.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tubuh berkeringat, lengket, serta rambut yang lepek akan membuat banyak orang memutuskan untuk mandi dan keramas, meski itu malam hari. 

Mandi pada malam hari memang menyegarkan, namun terkadang rasa kantuk dan lelah menggoda kita untuk segera tidur meski rambut masih basah.

Nah, apakah tidur dengan rambut yang basah akan merusak rambut?

Olga Gilbert, penata rambut J. Russell Salon di Palm Desert, California mengatakan bahwa  tidur dengan rambut basah tidak serta merta merusak folikel atau batang rambut.

Namun, tentunya ini dapat menyebabkan kerusakan, karena rambut basah menjadi mudah patah.

Selain itu, tidur dengan rambut basah akan membuat kita kesulitan menatanya saat bangun. Pasalnya, rambut basah yang dibawa tidur akan kusut atau berbelit-belit tak beraturan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bahaya Tidur dengan Rambut Basah

Lalu, apa yang harus dilakukan jika benar-benar mengantuk setelah keramas pada malam hari?

Jika benar-benar harus tidur dengan rambut basah, maka ada cara untuk meminimalkan kerusakan pada rambut.

Pertama, tukar seprai dengan bahan yang halus, misalnya sutera. Sutera memiliki permukaan yang lebih halus, sehingga mengurangi kerusakan rambut. 

Selanjutnya, pastikan untuk tidur dengan rambut tergerai atau dikepang longgar, bukan dengan sanggul ketat atau kuncir kuda.

Selain itu, ganti karet gelang ketat kamu dengan klip atau ikat rambut scrunchy yang tidak akan menarik rambut terlalu kuat di malam hari. 

Akan lebih baik bila kita bisa tidur tengkurap sehingga rambut tidak menempel pada bantal. Dan yang paling baik sebenarnya mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur.

Baca juga: Jangan Tidur dengan Rambut Basah, Ini Akibatnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.