Kompas.com - 03/05/2021, 21:17 WIB
Ilustrasi anjing makan rumput. SHUTTERSTOCK/SUPTARIlustrasi anjing makan rumput.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Melihat kebiasaan anjing peliharaan mengendus bahkan makan kotorannya sendiri, tentu akan membuat kita merasa geram dan ingin menghentikannya.

Namun, kamu tidak bisa langsung membentak atau memarahi anjing kamu untuk menghentikannya, karena perilaku itu ada sebabnya. 

Sebenarnya, tidak ada pengobatan universal untuk masalah ini, tetapi ada sejumlah cara untuk mengatasi coprophagia atau perilaku konsumsi feses secara efektif tanpa perlu bersikap kasar atau memarahi si anjing.

Berikut ini adalah 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan anjing kamu mengonsumsi kotorannya sendiri:

1. Intervensi medis dan gizi

Sebelum mengambil tindakan apa pun terkait masalah ini, sangat penting untuk memeriksa terlebih dahulu untuk menentukan apakah ada kekurangan nutrisi pada anjing.

Bila itu penyebabnya, biasanya dokter hewan akan meresepkan enzim dan probiotik, begitu juga makanan yang lebih mudah dicerna untuk si anjing.

Dalam beberapa kasus, coprophagia disebabkan oleh parasit. Namun, ini bisa dihentikan jika anjing mendapatkan pengobatan dan perawatan dengan baik.

2. Intervensi aksesibilitas

Banyak anjing, khususnya anak anjing, makan kotoran karena kotoran tersebut berada di dekatnya dan baunya menariknya.

Halaman:


Sumber Treehugger
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X