Kompas.com - 04/05/2021, 08:57 WIB
Ilustrasi anjing peliharaan. PexelsIlustrasi anjing peliharaan.

KOMPAS.com - Anjing memang termasuk hewan yang lucu, menggemaskan, dan bersahabat. Namun, ini tidak berlaku jika anjing menggonggong secara berulang tanpa henti, sehingga mengganggu ketenangan.

Ditambah lagi jika anjing yang berisik tersebut bukan peliharaan kita, melainkan milik tetangga. Tentu, hal ini bisa membuat kamu berada di situasi yang cukup sulit.

Namun, ada beberapa langkah yang bisa diambil. Berikut 8 tips yang dapat kamu coba terapkan:

Baca juga: Kenapa Anjing Menggonggong Terus? Ini 6 Penyebabnya

1. Dokumentasikan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendokumentasikan dengan merekam suara atau video, ketika anjing tetangga menggonggong terus-menerus.

Ini akan membantu kamu untuk berbicara sesuai fakta kepada pemilik anjing. Catat jam berapa anjing tersebut menggonggong dan berapa lama gonggongan itu berlangsung. 

2. Bicarakan ini pada tetangga 

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah berbicara baik-baik pada si pemilik anjing. Sebaiknya bicarakan secara tatap muka untuk menghindari adanya kesalah-pahaman.

Tetangga kamu mungkin tidak menyadari bahwa anjingnya menggonggong dan mengganggu ketenangan lingkungan. Jika ia orang yang baik, kemungkinan besar ia akan meminta maaf dan mencari solusi.

Baca juga: Penjelasan Ilmiah Mengapa Anjing Begitu Setia pada Tuannya

3. Tawarkan solusi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X