Kompas.com - 04/05/2021, 13:57 WIB
Ilustrasi anjing sedang mengendus makanan. PEXELS/FREESTOCKS.ORGIlustrasi anjing sedang mengendus makanan.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Melihat hewan peliharaan terlihat bahagia, tentu juga bisa membuat pemiliknya senang. Tak heran jika pemilik anjing atau pun kucing selalu berusaha agar hewan peliharaannya bahagia.

Lalu apa saja yang membuat hewan tesebut bahagia?

Baru-baru ini penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas mengendus dapat menjadi salah satu alternatif mudah membuat anjing lebih bahagia.

Sebabnya adalah, indra penciuman anjing 10.000 kali lebih kuat daripada indra penciuman manusia. Bau adalah cara anjing menafsirkan dunia, seperti halnya penglihatan bagi manusia.

Namun, sangat disayangkan kebanyakan anjing peliharaan tidak bisa melakukan aktivitas ini secara bebas, karena pemiliknya tidak punya banyak waktu menemani anjing melatih indra penciumannya.

Ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Charlotte Duranton dan Alexandra Horowitz, pakar perilaku anjing, yang mengungkapkan bahwa meskipun anjing memiliki semangat bebas, tetapi tidak benar-benar bisa melakukan apa yang dimau.

Anjing peliharaan tidak selalu dapat melatih naluri mereka, seperti halnya anjing liar yang hidup bebas.

Dalam riset tersebut, para peneliti ingin melihat apakah melatih satu insting fundamental, mengendus atau "mencari makan" dapat berdampak pada suasana hati anjing.

Baca juga: Biarkan Anjing untuk Terus Mengendus, Mengapa?

Untuk mengukur suasana hati anjing, para peneliti meletakkan dua mangkuk yang agak berjauhan, dimana satu mangkuk berisi makanan, satu mangkuk lainnya kosong.

Lalu, pada jarak yang sama, mereka mengeluarkan mangkuk yang baru. Kemudian para peneliti mengukur lamanya waktu yang dibutuhkan anjing untuk mendekati mangkuk tersebut.

Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X