Kompas.com - 05/05/2021, 04:04 WIB
Ilustrasi pot tanaman dari teko bekas. PEXELS/MARIA ORLOVAIlustrasi pot tanaman dari teko bekas.

KOMPAS.com - Mengganti pot dengan barang bekas yang digunakan ulang menjadi salah satu cara mempraktikkan gaya hidup berkelanjutan.

Namun selain itu, memanfaatkan barang bekas jadi pot tanaman juga bisa membuat kita untuk berhemat karena tak perlu beli pot baru.

"Wadah tanam (pot) sering kali jadi pengeluaran tidak perlu dan kita bisa melihat barang apa yang ada di rumah sebelum mengeluarkan uang untuk beli pot."

"Aktivitas mendaur ulang adalah sesuatu yang menyenangkan sekaligus ramah di kantong," ungkap seorang pakar dari Gardening Building Direct, seperti dilansir Country Living.

Nah, beberapa barang bekas yang bisa dijadikan pot tanaman antara lain:

1. Kaleng

Salah satu barang bekas yang bisa dimanfaatkan dan biasanya dibuang setelah tidak digunakan adalah kaleng bekas.

Mulai dari kaleng makanan hingga kaleng cat, semuanya bisa dimanfaatkan kembali dan dipilih sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Isi kaleng dengan bebatuan untuk membantu memperlancar drainase, letakkan tanah di atasnya baru kemudian tanaman yang akan kita tanam.

Jangan lupa pula melubangi bagian bawah setiap pot untuk lubang keluar air.

Pot dari kaleng bekas akan terlihat cantik untuk dipajang di pinggir jendela atau balkon kecil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X