Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates dan Melinda Gates Sepakati Separation Agreement, Apa Itu?

Kompas.com - 05/05/2021, 10:54 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber People

KOMPAS.com - Bill Gates dan Melinda Gates dikabarkan telah menyusun separation agreement menyusun langkah keduanya yang sepakat untuk bercerai.

Pasangan miliarder dunia ini diketahui tidak menandatangi perjanjian pra nikah yang mengatur soal pembagian harta.

Karena itu muncul banyak perdebatan soal bagaimana keduanya akan membagi kekayaannya yang mencapai 146 miliar dollar Amerika. Namun banyak yang menilai bahwa tidak akan ada sengketa finansial seiring dengan perpisahan tersebut.

Apalagi dengan berbagai aktivitas filantropi yang banyak dijalani keduanya beberapa tahun belakangan.

Baca juga: Bill Gates dan Melinda Gates Bercerai, Kekayaan Rp 2.117 Triliun Jadi Pertaruhan

Selain itu, dokumen perceraian yang diajukan ke pengadilan oleh Melinds Gates mengindikasikan keduanya sudah memiliki separation agreement yang disepakati. 

Media People melaporkan perempuan berusia 56 tahun ini hanya meminta pengadilan menguatkan separation agreement yang mereka miliki.

Ia tidak mengajukan tunjangan pasangan maupun tunjangan anak, hal yang biasanya diminta pihak perempuan. Melinda juga mengajukan pembatasan pengaturan keuangan sementara secara otomatis.

Tujuannya agar ia dan Bill Gates tidak dapat menjual properti atau membuat perubahan pada polis asuransinya, kecuali sudah disepakati secara tertulis atau seperti yang diperintahkan oleh pengadilan.

Baca juga: Melinda Gates Diprediksi Jadi Perempuan Terkaya Kedua di Dunia

Bill dan Melinda Gates bersama putri sulungnya Jennifer di New York, September 2017.JAMIE MCCARTHY/GETTY IMAGES FOR BILL & MELINDA GATES FOUNDATION VIA BUSINESS INSIDER Bill dan Melinda Gates bersama putri sulungnya Jennifer di New York, September 2017.

Isi perjanjian

Separation agreement di Amerika Serikat merupakan kontrak tertulis antara pasangan suami istri yang berisikan pengaturan perpisahan mereka.

Isinya berkisar tentang hal-hal yang berkaitan dengan perceraian yang akan dilakukan.

Berbeda dengan perjanjian pra nikah atau prenuptial agreement, separation agreement alias perpanjian perpisahan diteken ketika sudah menikah atau menjelang perceraian.

Baca juga: Usia, Pekerjaan, dan Pendidikan Berpengaruh pada Perceraian, Mengapa?

Dikutip dari People, Randy Kessler, pengacara di Amerika yang biasa menangani kasus perpisahan artis menjelaskan, ini artinya keduanya sudah memiliki kesepakatan sendiri.

Umumnya berkisar soal anak, tunjangan pasangan dan pembagian harta kekayaan.

"Kontrak itu adalah perjanjian antara para pihak sebagai kesepakatan atas berbagai masalah yang biasanya ditentukan oleh pengadilan," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com