Kompas.com - 05/05/2021, 12:17 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Dalam upaya menurunkan berat badan, diet ketat dan rutinitas kebugaran yang intens dapat sangat membantu.

Namun, melewatkan makan dan membuat diri sendiri kelaparan justru menjadi kesalahan besar untuk menurunkan berat badan.

Sebaliknya, kita harus beralih ke pola makan yang lebih sehat, mengubah kebiasaan sehari-hari, dan mengurangi kalori harian untuk mencapai berat badan ideal.

Karena itu, berikut adalah beberapa trik diet yang berguna untuk menurunkan berat badan yang efisien, sehat, dan juga cepat.

Baca juga: Promosikan Konten Diet Berbahaya, Instagram Minta Maaf

1. Mengonsumsi buah-buahan asli

Kalau kita biasanya minum jus buah dan berpikir itu lebih sehat, sebenarnya itu keliru karena kandungan gulanya yang tinggi.  Gantilah dengan makan buah utuh sebagai gantinya.

Faktanya, menukar jus buah manis dengan porsi buah-buahan asli ternyata lebih sehat dan bisa mengurangi asupan kalori.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan secara utuh juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca juga: 5 Alasan Jus Buah Justru Sebabkan Masalah Kesehatan pada Anak

2. Mengontrol porsi makan

Di masa pandemi ini kita cenderung makan dan ngemil berlebihan, yang dapat menyebabkan kelebihan kalori dan penambahan berat badan yang tidak perlu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X