Kompas.com - 05/05/2021, 14:48 WIB
Adidas 4DFWD adidasAdidas 4DFWD
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Semua sepatu lari dibuat untuk memudahkan penggunanya berlari. Meski begitu, beberapa di antaranya dibuat dengan rancangan khusus untuk memberikan lebih dari sekedar kenyamanan, namun juga keunggulan lain seperti efisiensi dalam berlari.

Yang dilakukan Adidas selama 17 tahun terakhir adalah menggabungkan data atlet selama bertahun-tahun, untuk mencari bantalan sepatu yang tepat guna membantu seseorang berlari.

Salah satu hasil terbaru pencarian tersebut adalah adidas 4DFWD, sepatu dengan midsole unik berupa jaring-jaring atau kisi yang dicetak menggunakan teknologi cahaya dan semburan oksigen, atau Digital Light Synthesis.

Selama lebih dari empat tahun, Adidas mengembangkan teknologi midsole kisi 4D ini bekerja sama dengan Carbon.

Dengan teknologi ini, bagian midsole disusun dengan bentuk jaringan sedemikian rupa, sehingga bila mendapat beban, ia akan melontarkan beban itu ke depan.

Midsole Adidas 4DFWDadidas Midsole Adidas 4DFWD
Sederhananya, ketika dipakai untuk berlari, midsole akan mengubah beban kaki saat pelari menapak, menjadi gaya dorong ke depan sehingga lari terasa lebih ringan.

Itulah sebabnya sepatu ini dinamai 4DFWD, dimana FWD merupakan kependekan dari Forward atau maju ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun bentuk midsole 4DFWD yang 39% terbuat dari bahan berbasis bio ini dipilih dari lima juta kemungkinan struktur kisi. Bila satu bagian diambil, kita bisa melihat bentuknya menyerupai dasi kupu-kupu.

Bentuk itu diberi kode khusus agar mampat ke depan saat terjadi benturan vertikal. Dalam percobaan, ketika sebuah benda dijatuhkan ke atas sistem tersebut, benda akan terlontar ke arah depan.

Adidas 4DFWDadidas Adidas 4DFWD
“Teknologi 4D memberi kami kesempatan untuk mendesain dengan cara yang tidak mungkin dilakukan pada midsoles konvensional," ujar Sam Handy, Vice President Design, adidas Running, 27 April 2021 saat memperkenalkan sepatu ini secara terbatas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.