Kompas.com - 05/05/2021, 18:55 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah KOMPAS.com/NURWAHIDAHIlustrasi gaji, rupiah

KOMPAS.com - Banyak karyawan yang merasa gaji bulanannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Padahal bisa jadi yang salah adalah pengelolaan keuangannya.

Tak jarang gaya hidup karyawan terkadang lebih tinggi dibanding dengan pemasukan yang diterimanya. Inilah yang membuat karyawan merasa gajinya tidak cukup.

Konsultan keuangan Ligwina Hananto, menekankan penting bagi karyawan untuk menjalani gaya hidup sesuai dengan penghasilan.

"Supaya bisa menjalaninya, penghasilan harus dimasukkan ke pos-posnya. Ada pos untuk konsumsi sehari-hari, cicilan atau hutang, pos menabung atau investasi, sosial atau tolong menolong, dan gaya hidup."

Demikian kata Ligwina dalam temu media yang diselenggarakan secara virtual kemarin, Selasa (4/5/2021) oleh QM Financial.

Lebih lanjut konsultan keuangan yang juga Lead Financial Trainer di QM Financial itu mengatakan, paling tidak ada dua pos penting yang perlu menjadi perhatian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua pos itu adalah cicilan atau hutang yang alokasi dananya tidak boleh lebih dari 30 persen dari penghasilan.

Kemudian ada pos menabung atau investasi yang perlu diisi minimal 10 persen dari penghasilan. Baru setelah itu, pos lainnya tinggal menyesuaikan.

Untuk mengisi pos gaya hidup, Ligwina mengatakan alokasinya maksimal 20 persen dari penghasilan.

Tapi alokasi bisa berkurang tergantung dengan kebutuhan. Sebab pos gaya hidup dapat dikatakan tidak begitu penting.

"Gaya hidup itu semua yang asyik-asyik yang kalau enggak ada kita tetap baik-baik saja. Beda dengan konsumsi sehari-hari yang enggak bisa dicabut," kata Ligwina.

Dia mencontohkan misalnya membeli kopi. Ada orang yang merasa hanya ingin sekadar membeli kopi tapi sebenarnya kalau tidak dibeli tidak menjadi masalah.

"Jadi tidak usah dibeli. Uang buat beli kopi bisa buat yang lainnya," kata Ligwina.

Baca juga: Agar Tidak Boros, Yuk Lakukan 6 Hal Berikut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.