Kompas.com - 06/05/2021, 06:59 WIB
Ilustrasi pemakaian tabir surya JovanmandicIlustrasi pemakaian tabir surya

KOMPAS.com - Perempuan di Indonesia banyak yang mengalami kekurangan vitamin D meski hidup di negara tropis yang kaya sinar matahari.

Padahal kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin D secara alami dengan sangat mudah dan murah. Tubuh dapat memproduksinya sendiri ketika kita berjemur di bawah sinar matahari.

Karena itu, perempuan Indonesia seharusnya tidak mengalami defisiensi vitamin D.

Faktanya, data dari South East Asian Nutrition Surveys (SEANUTS) menunjukkan 63% perempuan dewasa yang berusia 18-40 tahun mengalami hal tersebut.

Baca juga: Berjemur, Boleh Pakai Tabir Surya atau Tidak?

Dokter spesialis penyakit dalam Jeffri Aloys Gunawan, Sp.PD, CH, CHt mengatakan hal ini salah satunya disebabkan kebiasaan menggunakan tabir surya yang salah.

"Banyak yang takut matahari, takut item jadinya pakai sunscreen terlalu tinggi," terangnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kadar SPF yang terlalu tinggi pada tabir surya membuat produksi vitamin D ketika berjemur tidak optimal.

Banyak perempuan yang kerapkali menggunakan produk tabir surya dengan batas maksimal, hingga SPF 100. Padahal ini artinya, tambah dokter Jeff, produk tersebut memblokir hampir 99% UVB yang didapatkan dari matahari.

Meskipun sudah meluangkan waktu untuk berjemur demi alasan kesehatan, akhirnya hal tersebut menjadi sia-sia belaka karena tidak ada manfaatnya.

"Berjemurnya cuma dapat hitam saja, vitamin D-nya tidak," tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X