Kompas.com - 06/05/2021, 08:24 WIB
Presenter Najwa Shihab saat Wawancara Ekslusif dengan Kompas.com di Kantor Narasi TV, Jakarta, Jumat (7/2/2020) KOMPAS.com/SANIA MASHABIPresenter Najwa Shihab saat Wawancara Ekslusif dengan Kompas.com di Kantor Narasi TV, Jakarta, Jumat (7/2/2020)

KOMPAS.com - Pembawa acara Najwa Shihab dikabarkan menderita penyakit gangguan usus sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Kondisi ini mengganggu sejumlah aktivitasnya termasuk siaran langsung salah satu acara yang digawanginya.

Penyakit radang usus adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan termasuk mulut, kerongkongan, perut, usus besar dan usus halus.

Sebenarnya penyakit ini kerap dialami banyak orang. Sayangnya, banyak yang tidak menyadarinya sampai akhirnya sudah terlambat. 

Dunia kesehatan membagi inflamasi usus menjadi dua jenis yakni kolitis ulserativa dan Crohn's disease.

Baca juga: Alami Gangguan Usus, Najwa Shihab Dirawat di Rumah Sakit

Kolitis ulserativa hanya mempengaruhi usus besar dan rektum, sementara Crohn's disease mampu menyerang semua bagian dari sistem pencernaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada banyak faktor yang memicu timbulnya gangguan usus dalam tubuh kita. Misalnya saja pola hidup, usia dan sistem kekebalan tubuh.

Untuk memastikan kita mendapatkan penanganan tepat waktu, kenali berbagai gejalanya antara lain:

  • Diare

Penderita gangguan usus bisa mengalami diare dengan buang air terus menerus. Kondisi ini disebabkan salah satu bagian pencernaan yang terserang infeksi gagal menyerap kembali kadar air dalam tubuh.

Baca juga: Bahaya Diare yang Tak Boleh Disepelekan, Dehidrasi hingga Gagal Ginjal

  • Bisul berdarah

Kondisi ini bisa diketahui jika tinja yang dikeluarkan mengandung darah. Jika sudah begini, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.