Kompas.com - 06/05/2021, 11:49 WIB
Ilustrasi anjing menggigit. SHUTTERSTOCK/ERIC ISSELEEIlustrasi anjing menggigit.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dalam pikiran kita, pasti yang dapat berbohong hanyalah manusia. Tetapi, tahukah ternyata anjing peliharaan yang berwajah polos juga bisa membohongi kita?

Ini mungkin terdengar konyol. Namun, pada tahun 2017 sekelompok ilmuwan Swiss menemukan bahwa anjing mampu menunjukkan perilaku menipu terhadap manusia. Setidaknya ketika ada makanan yang ingin didapatkan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sosis sebagai alat untuk melihat perilaku anjing.

Penelitian ini melibatkan dua orang manusia yang memiliki dua kebiasaan berbeda ke beberapa anjing.

Orang pertama selalu memberi anjing camilan. Sedangkan orang kedua, membuat anjing harus mengambil camilannya sendiri.

Setelah melatih anjing untuk mengenali dan membedakan antara kedua manusia ini, para peneliti menyiapkan beberapa kotak.

Pada beberapa kotak terdapat camilan yang disukai anjing, yaitu sosis, dan yang lainnya diisi dengan makanan yang tidak disukai, serta beberapa kotak kosong tanpa apa-apa.

Kemudian, peneliti membiarkan anjing mengarahkan orang pertama dan kedua ke kotak mana pun yang anjing suka.

Jika orang pertama yang suka memberi camilan dibawa ke kotak yang berisi sosis, maka anjing akan mendapatkan camilan itu.

Namun, jika orang kedua yang jarang memberikan camilan pada anjing dibawa ke kotak yang sama, maka anjing tidak akan mendapatkan camilan.

Pada percobaan, ternyata anjing lebih sering membawa orang kedua ke arah kotak yang kosong meski tes ini dilakukan ulang.

Menurut para peneliti, ini berarti bahwa anjing yang diuji menunjukkan perilaku "menipu", yang ternyata sangat jarang terjadi pada hewan lainnya. Perilaku anjing ini memang bisa dikatakan sebagai tanda kecerdasan.

Jadi, ya kesimpulannya anjing memang termasuk hewan yang mampu menipu manusia untuk tujuan anjing itu sendiri.

Baca juga: Mengendus Bisa Buat Anjing Bahagia, Mengapa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.