Kompas.com - 06/05/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang harus dipakai setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Meski begitu, saat ini cukup banyak brand yang meneluarkan produk kosmetik dengan kandungan sun protection factor (SPF), seperti bedak, cushion, atau pun foundation. Lantas, apakah kita masih perlu menambahkan tabir surya terpisah?

Hana Hong, beauty editor di Real Simple mencoba menjelaskan hal tersebut.

"Produk kecantikan serbaguna apa pun adalah nilai lebih. Namun SPF di dalam foundation hanya baik secara teori, praktiknya berbeda," jelas dia.

Joshua Zeichner, MD, dokter kulit di New York, Amerika juga menyetujui pendapat Hong.

Baca juga: Cegah Penuaan Dini, Jangan Malas Pakai Sunscreen Tiap Hari

"Dalam melindungi diri dari sinar matahari, Anda memerlukan sekitar 29 ml gelas penuh SPF 30 untuk melindungi Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki," katanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itu artinya, kita perlu mengoleskan sedikitnya seperempat atau 1-1,5 sendok teh alas bedak ke wajah, dengan asumsi bahwa foundation tersebut mengandung SPF 30. Faktanya, kebanyakan foundation tidak memiliki kandungan SPF 30.

"Anda juga harus mengingat tingkat SPF dalam alas bedak tidak sesuai dengan yang diklaim. Campuran SPF 30 pada alas bedak tidak seefektif tabir surya dengan SPF 30 murni," sebut Hong.

Alhasil, kita harus mengoleskan alas bedak dengan kandungan SPF sebanyak mungkin guna melindungi kulit dari sinar UV.

Baca juga: 15 Pilihan Warna Foundation untuk Ragam Warna Kulit Orang Indonesia

"Makeup atau tabir surya, faktanya adalah orang tidak menerapkan SPF sesuai kebutuhan mereka," kata Hadley King, MD, dokter kulit di New York.

"Anda mungkin tidak mengoleskan alas bedak pada garis rambut, garis rahang, dan leher serta semua area terbuka yang juga membutuhkan perlindungan dari sinar matahari."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X