Kompas.com - 06/05/2021, 14:20 WIB
Ilustrasi. trioceanIlustrasi.

KOMPAS.com - Penyebab penyakit radang usus memang sampai saat ini belum diketahui dengan pasti, namun bukan berarti tidak bisa dicegah.

Pembaca acara Najwa Shihah dilarikan ke rumah sakit karena menderita gangguan usus. Hal ini diketahui dari salah satu unggahan di akun media sosialnya.

Penyakit radang usus adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan termasuk mulut, kerongkongan, perut, usus besar dan usus halus.

Bagian tubuh tersebut membengkak sehingga menyebabkan masalah dalam proses pencernaan makanan yang masuk ke tubuh. Gejalanya bisa diare, BAB berdarah dan kembung perut.

Baca juga: Kenali Gejala Radang Usus, Penyakit yang Diderita Najwa Shihab

Penderita radang usus kerapkali lambat mendapatkan penanganan karena gejalanya kurang disadari. Jika sudah begini, obat-obatan dan operasi adalah jalan penyembuhan terbaiknya.

Agar tak mengalaminya, kita bisa melakukan sejumlah pencegahan untuk menghindari pemicunya. Namun jika ada faktor keturunan, maka akan sulit untuk melakukan pencegahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faktor pola hidup dan pola makan adalah hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah munculnya gangguan usus.

Baca juga: Penderita Gangguan Pencernaan yang Tidak Boleh Divaksin Covid-19

  • Konsumsi makanan kaya nutrisi

Biasakan mengonsumsi makanan kaya nutrisi untuk mencegah gangguan pada sistem pencernaan. Misalnya saja kentang, pisang, pasta, ikan dan telur.

Sebaliknya, kurangi konsumsi daging merah, brokoli, apel yang masih berkulit, dan kubis.

  • Rutin olahraga

Berolahraga secara rutin kaya manfaat untuk tubuh termasuk mencegah peradangan pada usus. Beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan misalnya saja yoga, renang, bersepeda dan renang.

Baca juga: Perut Kembung? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya!

  • Berhenti merokok

Kebiasaan merokok menjadi salah satu faktor penting pemicu gangguan usus baik pada perempuan maupun lak-laki.

Bukan hanya itu, aktivitas ini juga mendatangkan berbagai risiko penyakit lainnya. Karena iti tak ada salahnya memutuskan untuk berhenti merokok untuk tubuh yang lebih sehat.

Mungkin akan sedikit menyakitkan di awal namun prosesnya sepadan untuk terbebas dari berbagai penyakit.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Usus Menurut Ahli Gizi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.