Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Pada Kuku Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 06/05/2021, 17:59 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita mungkin pernah mendengar tentang tanda-tanda Covid-19 yang nampak pada lidah, bahkan jari tangan dan kaki.

Namun, saat ini ada kemungkinan tanda lain yang menunjukkan seseorang terkena virus corona yang terlihat pada kuku.

Peneliti utama aplikasi Zoe Covid Symptom Study, Tim Spector membagikan foto fenomena tersebut di akun Twitter miliknya.

Dia menunjukkan bahwa tanda Covid-19 pada kuku semakin dikenal karena meninggalkan garis yang jelas.

Garis yang disebut sebagai garis Beau itu memiliki alur atau lekukan horizontal di lempeng kuku dan dapat disebabkan oleh gangguan pertumbuhan kuku karena cedera atau penyakit.

Laporan kasus yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan mencatat fenomena tersebut telah tercatat pada pasien Covid-19 di tempat lain.

Seorang pria berusia 45 tahun mengalaminya di kuku jari tangan dan kakinya, tiga setengah bulan sebelum didiagnosis positif Covid-19.

Gejalanya berlangsung selama 10 hari dan dia tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Melihat Kondisi Kesehatan Melalui Warna Kuku Kaki, Apa Bisa?

Tanya Bleiker, presiden British Association of Dermatologists mengatakan kepada HuffPost UK bahwa gejala ini juga disaksikan oleh para dermatolog pada pasien Covid-19.

"Perubahan ini telah lama dikenal sebagai 'garis Beau' dan merupakan lekukan melintang di kuku jari tangan dan terkadang kuku kaki," terangnya.

Lekukan cenderung muncul pada kuku tangan antara dua dan tiga minggu setelah penyakit dan kemudian timbul sedikit pada kuku kaki.

Penting untuk diketahui bahwa garis Beau ini tidak hanya terjadi pada penderita Covid-19 saja. Jadi, itu bukan tanda pasti seseorang terkena virus.

Sebab, garis ini juga bisa menjadi tanda penyakit lainnya, termasuk trauma pada kuku, eksim, malnutrisi parah, hipertensi, epilepsi, gagal ginjal, dan efek kemoterapi.

Baca juga: Tanda Putih di Kuku Bukan Pertanda Ada yang Rindu, Lalu Apa?

Menurut Dermatology Advisor, garis Beau dikaitkan dengan munculnya demam tinggi yang merupakan salah satu gejala utama virus corona tetapi juga banyak ditemui pada penyakit lain seperti demam berdarah, pneumonia, dan malaria.

Tidak ada pengobatan khusus untuk ini dan peneliti mencatat bahwa kuku akan cenderung kembali normal jika kondisi yang mendasarinya teratasi.

Setelah penyakit kita sembuh, mungkin akan memakan waktu sekitar enam bulan sampai garis pada kuku hilang sepenuhnya.

Jika tidak hilang atau justru muncul lebih banyak, sebaiknya bicarakan dengan dokter apakah ada kondisi lain yang menjadi penyebabnya.

Perubahan kuku lain yang tampaknya terkait dengan virus corona adalah adanya tanda bulan setengah berwarna merah pada kuku di dekat kutikula.

Para peneliti tidak yakin mengapa hal ini terjadi, tetapi mereka percaya ada hubungannya dengan peradangan vaskular atau pembuluh darah yang disebabkan oleh virus.

Baca juga: Penderita Covid-19 Ringan Juga Alami Gejala Berkepanjangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com