Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenakan Pakaian Dalam yang Indah Baik untuk Kesehatan Mental

Kompas.com - 06/05/2021, 22:23 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Huffpost

KOMPAS.com - Bukan menjadi rahasia lagi kalau pakaian dalam bisa menarik secara seksual dan berpengaruh lebih terhadap pasangan secara romantis.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa banyak orang mendapatkan dorongan kesehatan mental dengan mengenakan pakaian dalam yang bagus, bahkan ketika mereka tidak aktif secara seksual.

"Dulu mungkin pakaian dalam yang seksi dipandang hanya untuk menguntungkan pasangan," kata psikolog Danielle Forshee kepada HuffPost.

"Tapi, saat ini pakaian dalam bisa membuat perempuan memberdayakan dirinya dan bisa memakainya kapan pun itu," sambung dia.

Meningkatkan kepercayaan diri

Mengenakan pakaian dalam yang bagus dan berkualitas dapat meningkatkan kepercayaan diri, bahkan jika tidak ada yang melihatnya.

"Merasa percaya diri dapat membuat kita tampil lebih menarik secara fisik karena kita cenderung berdiri, berjalan, berbicara, dan menggerakkan tangan secara berbeda."

Demikian penuturan Carolyn Mair, seorang psikolog perilaku sekaligus penulis buku The Psychology of Fashion.

Dia mengatakan bahwa mengenakan pakaian dalam yang indah dapat membangkitkan perasaan feminitas, kebebasan seksual, dan kekuatan.

"Ide mengenakan pakaian dalam yang bagus atau seksi untuk diri kita sendiri sebenarnya dapat memiliki efek yang sangat positif pada keadaan emosi kita," kata psikolog konsumen dan pendiri Style Psychology, Kate Nightingale.

Dia merujuk pada konsep "kognisi tertutup", yang menunjukkan bahwa sifat dan perasaan yang terkait dengan pakaian tertentu tidak hanya memengaruhi cara orang lain memandang kita, tetapi juga cara kita memandang diri sendiri.

"Jika kita mengasosiasikan kepercayaan diri, kekuatan, daya tarik atau apa pun dengan pakaian dalam tertentu, kita akan mulai merasa lebih seperti itu saat memakainya," jelasnya.

Baca juga: Pakaian Dalam Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri Wanita

Memberikan kebebasan untuk berekspresi

Ilustrasi perempuanshutterstock Ilustrasi perempuan
Mair mengungkapkan bahwa pakaian adalah kulit kedua dan sebuah identitas bagi perempuan.

"Kita memilih pakaian untuk melindungi diri dari berbagai elemen, untuk membuat aktivitas lebih aman, atau untuk membuat pernyataan," terangnya.

Halaman:
Sumber Huffpost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com