Kompas.com - 07/05/2021, 10:41 WIB
Pangeran Harry, Meghan Markle dan bayi Archie. EuronewsPangeran Harry, Meghan Markle dan bayi Archie.

KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle merayakan ulang tahun kedua putranya, Archie, dengan ajakan berdonasi untuk pengadaan vaksin Covid-19.

Archie Harrison Mountbatten-Windsor resmi berusia dua tahun pada 6 Mei 2021. Hari kelahirannya dirayakan dengan rilisan foto terbaru di situs resmi Archwell Foundation.

Dalam potret tersebut, Archie berpose membelakangi kamera sehingga wajahnya tak terlihat. Ia mendongak ke atas sembari memegang buket balon di taman.

Unggahan foto tersebut diiikuti dengan pesan dari kedua orangtuanya. Mantan Duke dan Duchess of Sussex ini mengajak dunia untuk beramal dengan memberikan donasi melalui yayasan mereka.

Baca juga: Meghan Markle Rilis Buku Cerita Anak, Terinspirasi dari Pangeran Harry

Rayakan ulang tahun kedua anaknya, Pangeran Harry ajak dunia berdonasi Rayakan ulang tahun kedua anaknya, Pangeran Harry ajak dunia berdonasi
Tidak ada jumlah minimal donasi yang diharuskan. Namun tertulis apabila donasi sebesar 5 dollar Amerika akan mampu membiayai satu dosis vaksin bagi yang membutuhkan.

Jumlah tersebut akan secara otomatis menjadi 20 dolar Amerika karena ditambah dengan sumbangan organisasi yang telah didapatkan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan cara ini, maka donasi senilai 5 dolar akan mampu membayar empat dosis vaksin sekaligus.

Hal ini dimungkinkan karena pasangan ini telah mendapatkan donasi sebesar 3 juta dolar Amerika. Dana tersebut didapatkan dari berbagai organisasi termasuk Seadream Family Foundation dan Mastercard Impact Fund.

Donasi tersebut akan ditujukan kepada Gavi, the Vaccine Alliance, organisasi kemitraan kesehatan global publik-swasta dengan tujuan meningkatkan akses imunisasi di negara-negara miskin.

Baca juga: Sudah Dapat 54 Juta Dosis Vaksin Gratis dari Covax Gavi, Menkes: Bisa Naik sampai 108 Juta

“Kami tidak dapat memikirkan cara yang lebih beresonansi untuk menghormati ulang tahun putra kami,” demikian pesan tertulis yang disampaikan.

Pesan tersebut juga menekankan kontribusi kecil dari para penggemar dapat menimbulkan efek yang besar. Khususnya dengan menunjukkan belas kasih kepada orang tak dikenal yang masih kesulitan di bagian dunia lainnya.

Dalam narasi yang sama, disampaikan 80 persen dari satu miliar dosis vaksin Covid-19 didistribusikan di negara kaya seperti Amerika dan Eropa. Sedangkan banyak negara miskin lainnya masih kesulitan mendapatkan akses vaksin sehingga belum dapat melalui pandemi.

Harapannya, donasi akan membantu mempercepat dunia pulih kembali jika semua orang telah mendapatkan akses vaksin yang setara.

Ajakan ini sejalan dengan keinginan Meghan dan Pangeran Harry yang sebelumnya menyatakan akan lebih banyak melakukan kegiatan sosial melalui yayasannya.

Baca juga: Inilah Foto Kehamilan Terbaru Anak Kedua Harry dan Meghan Markle



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X