Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry Ajak Donasi Vaksin untuk Merayakan Ulang Tahun Putranya

Kompas.com - 07/05/2021, 10:41 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle merayakan ulang tahun kedua putranya, Archie, dengan ajakan berdonasi untuk pengadaan vaksin Covid-19.

Archie Harrison Mountbatten-Windsor resmi berusia dua tahun pada 6 Mei 2021. Hari kelahirannya dirayakan dengan rilisan foto terbaru di situs resmi Archwell Foundation.

Dalam potret tersebut, Archie berpose membelakangi kamera sehingga wajahnya tak terlihat. Ia mendongak ke atas sembari memegang buket balon di taman.

Unggahan foto tersebut diiikuti dengan pesan dari kedua orangtuanya. Mantan Duke dan Duchess of Sussex ini mengajak dunia untuk beramal dengan memberikan donasi melalui yayasan mereka.

Baca juga: Meghan Markle Rilis Buku Cerita Anak, Terinspirasi dari Pangeran Harry

Rayakan ulang tahun kedua anaknya, Pangeran Harry ajak dunia berdonasi Rayakan ulang tahun kedua anaknya, Pangeran Harry ajak dunia berdonasi
Tidak ada jumlah minimal donasi yang diharuskan. Namun tertulis apabila donasi sebesar 5 dollar Amerika akan mampu membiayai satu dosis vaksin bagi yang membutuhkan.

Jumlah tersebut akan secara otomatis menjadi 20 dolar Amerika karena ditambah dengan sumbangan organisasi yang telah didapatkan.

Dengan cara ini, maka donasi senilai 5 dolar akan mampu membayar empat dosis vaksin sekaligus.

Hal ini dimungkinkan karena pasangan ini telah mendapatkan donasi sebesar 3 juta dolar Amerika. Dana tersebut didapatkan dari berbagai organisasi termasuk Seadream Family Foundation dan Mastercard Impact Fund.

Donasi tersebut akan ditujukan kepada Gavi, the Vaccine Alliance, organisasi kemitraan kesehatan global publik-swasta dengan tujuan meningkatkan akses imunisasi di negara-negara miskin.

Baca juga: Sudah Dapat 54 Juta Dosis Vaksin Gratis dari Covax Gavi, Menkes: Bisa Naik sampai 108 Juta

“Kami tidak dapat memikirkan cara yang lebih beresonansi untuk menghormati ulang tahun putra kami,” demikian pesan tertulis yang disampaikan.

Pesan tersebut juga menekankan kontribusi kecil dari para penggemar dapat menimbulkan efek yang besar. Khususnya dengan menunjukkan belas kasih kepada orang tak dikenal yang masih kesulitan di bagian dunia lainnya.

Dalam narasi yang sama, disampaikan 80 persen dari satu miliar dosis vaksin Covid-19 didistribusikan di negara kaya seperti Amerika dan Eropa. Sedangkan banyak negara miskin lainnya masih kesulitan mendapatkan akses vaksin sehingga belum dapat melalui pandemi.

Harapannya, donasi akan membantu mempercepat dunia pulih kembali jika semua orang telah mendapatkan akses vaksin yang setara.

Ajakan ini sejalan dengan keinginan Meghan dan Pangeran Harry yang sebelumnya menyatakan akan lebih banyak melakukan kegiatan sosial melalui yayasannya.

Baca juga: Inilah Foto Kehamilan Terbaru Anak Kedua Harry dan Meghan Markle

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com