Kompas.com - 07/05/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya. ShutterstockIlustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya.

KOMPAS.com - Suhu dan kelembapan merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan penderita asma.

Kondisi yang tidak ideal dapat membuat gejalanya kambuh misalnya saja sesak napas, dada terasa nyeri, dan kesulitan bernapas. Karena itu, penting untuk memperhatikan suhu ruangan tempat tinggal kita untuk menekan risiko kambuh.

Terlebih lagi, ketika kita lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan akibat pembatasan sosial yang diberlakukan. Selain itu, Covid-19 bisa jadi hal yang jauh lebih berbahaya jika terjadi pada panderita asma.

Tak ada salahnya untuk menyesuaikan temperatur ruangan untuk kebutuhan kesehatan kita.

Asma sangat dipengaruhi kualitas udara yang masuk ke dalam tubuh. Kualitas ini ditentukan oleh kelembapan dan suhu di sekitarnya.

Hal yang harus diperhatikan, perubahan suhu udara yang mendadak bisa memicu asma. Misalnya perubahan lokasi dari area luar rumah yang panas ke kamar tidur yang lebih sejuk karena berpendingin ruangan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, berapa suhu yang paling ideal dan sesuai dengan kebutuhan penderita asma?

Berdasarkan penelitian di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, suhu 20 derajat celsius hingga 21,6 derajat celsius sangat ideal untuk penderita asma.

Baca juga: Suhu yang Sejuk Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Suhu tersebut dinilai tidak terlalu panas atau dingin, jadi tidak akan menyebabkan iritasi pada saluran udara.

American Academy of Allergy, Asthma & Immunology menambahkan, tingkat kelembapannya harus mencapai 30 sampai 50 persen agar tidak memicu penyakit tersebut kambuh.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X