Kompas.com - 08/05/2021, 16:16 WIB
Artis Tasya Kamila saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAArtis Tasya Kamila saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

KOMPAS.com - Mantan artis cilik Tasya Kamila mengatakan bahwa suaminya, Randi Bachtiar mengidap Hodgkin Lymphoma atau kanker limfoma Hodgkin stadium 2.

Kondisi tersebut diungkapkan setelah keduanya mencoba merahasiakan kabar tersebut ke publik.

Adapun limfoma Hodgkin -sebelumnya disebut penyakit Hodgkin, adalah kanker sistem limfatik. Adapun sistem limfatik merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh kita.

Cairan bening yang disebut getah bening mengalir melalui pembuluh limfatik dan mengandung sel darah putih yang melawan infeksi, yang dikenal sebagai limfosit.

Pada penderita limfoma Hodgkin, jenis limfosit B berkembang biak secara tidak normal dan berkumpul di bagian tertentu dari sistem limfatik, seperti kelenjar getah bening (kelenjar).

Limfosit yang terkena kehilangan sifat melawan infeksinya, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

Limfoma Hodgkin dapat dialami orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering terjadi pada orang berusia antata 20-40 tahun dan di atas 55 tahun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyebab

Penyebab pasti limfoma Hodgkin sebetulnya masih belum diketahui.

Namun, beberapa faktor risiko limfoma Hodgkin antara lain jika:

  • Seseorang memiliki kondisi medis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  • Minum obat imunosupresan.
  • Sebelumnya pernah terkena virus umum yang disebut virus Epstein-Barr yang menyebabkan demam kelenjar.

Seseorang juga memiliki peningkatan risiko terkena limfoma Hodgkin jika kerabat tingkat pertama, yakni orangtua, saudara kandung, atau anak, mengidap kondisi tersebut.

Baca juga: Berbulan-bulan Dirahasiakan, Tasya Kamila Ungkap Suami Idap Kanker Getah Bening

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X