Kompas.com - 08/05/2021, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Jika kita ingin menurunkan berat badan, maka mengonsumsi makanan yang sehat menjadi salah satu cara agar tubuh merasa lebih baik.

Ada pun, pola diet sehat terdiri dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, mengandung protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

"Buah dan sayuran secara khusus adalah makanan berkalori paling rendah dan kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, antioksidan, serta serat yang tinggi."

Demikian kata ahli diet yang berbasis di Nevada, Roxana Ehsani, MS, RD.

Secara khusus, Ehsani menyebut serat makanan sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Tengok, Inspirasi Makanan Sehat Tanpa Perlu Repot Dimasak

Sebab, makanan berserat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat kita kenyang lebih lama, yang secara tidak langsung dapat mengurangi asupan makanan.

"Protein makanan juga penting untuk dimasukkan ke dalam setiap makanan dan kudapan karena membantu membuat seseorang kenyang lebih lama," kata dia.

"Ini juga membantu menjaga massa otot seseorang dan menghilangkan lemak tubuh saat mengurangi asupan kalori," sambung dia.

Jika tujuan kita adalah menurunkan berat badan, membatasi jenis makanan tertentu yang rendah nutrisi dan tinggi kalori juga dapat membantu.

Dan, sementara tidak ada makanan yang secara ajaib dapat menurunkan berat badan, kombinasi makanan sehat tertentu bisa membuat kita berada di jalur yang benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Parade


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.