Kompas.com - 08/05/2021, 21:20 WIB
Sikat gigi perlu diganti secara berkala agar fungsinya tetap maksimal. SHUTTERSTOCKSikat gigi perlu diganti secara berkala agar fungsinya tetap maksimal.

KOMPAS.com - Ketika bicara soal kedaluwarsa, yang muncul di pikiran kebanyakan orang adalah makanan, minuman atau produk lain yang masuk ke tubuh kita.

Ternyata ada banyak barang lainnya yang juga bisa mengalami kedaluwarsa namun kita tak permah menduganya.

Ketika kita menggunakan sebuah produk yang sudah tidak efektif atau sudah terlalu lama digunakan, ternyata produk tersebut dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kita dan lingkungan.

Melansir Eat This Not That, berikut beberapa barang tak terduga yang bisa kedaluwarsa:

1. Sikat gigi

Sikat gigi adalah komponen vital yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan mulut. Namun, jika sudah kedaluwarsa, maka sikat gigi mungkin tak cukup efektif menjaga gigi kita tetap bersih.

Menurut American Dental Association (ADA), gantilah sikat gigi setial tiga hingga empat bulan atau lebih sering jika bulu sikatnya terlihat sudah rusak.

"Jika tidak mengganti sikat gigi sesuai waktu yang direkomendasikan, bulu sikatnya bisa menjadi rusak efektivitasnya dalam menghilangkan plak atau sisa makan di sela gigi akan berkurang," kata Inna Chern, DDS dari New York General Dentistry.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Sepatu lari

Banyak orang mungkin berpikir selama sepatu masih bisa digunakan, maka gunakanlah.

Padahal, ketika berlari, berjalan, atau berolahraga, sepatu lari yang kita kenakan akan menyerap guncangan, memberikan bantalan, dan meningkatkan stabilitas.

Jika sepatu tidak diganti saat kedaluwarsa, bantalannya akan hilang dan meningkatkan tekanan pada tulang, otot, dan persendian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.