Kompas.com - 09/05/2021, 10:23 WIB
Pelaku perbankan, pasar modal dan warga lanjut usia (lansia) saat menerima suntikan vaksin Sinovac di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Pusat, Rabu (31/3/2021). Sebanyak 780 orang telah terdaftar untuk menerima dosis vaksin yang diselenggarakan PT Bursa Efek Indonesia (BEI). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPelaku perbankan, pasar modal dan warga lanjut usia (lansia) saat menerima suntikan vaksin Sinovac di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta Pusat, Rabu (31/3/2021). Sebanyak 780 orang telah terdaftar untuk menerima dosis vaksin yang diselenggarakan PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

KOMPAS.com - Setiap orang mengalami reaksi yang berbeda setelah tubuhnya menerima vaksin, termasuk vaksin Covid-19.

Katherine L. Baumgarten, MD, direktur medis pengendalian dan pencegahan infeksi di Ochsner Health di New Orleans menjelaskan tentang efek samping vaksin.

Faktanya, banyak efek samping vaksin Covid-19 yang umum terjadi saat menerima vaksin lain. Adanya efek samping menadakan sistem kekebalan sedang bekerja.

Setelah menerima vaksin, sistem kekebalan mengembangkan kemampuan melawan virus yang sebenarnya.

"Rasanya memang tidak nyaman, tapi efek samping memberi tahu bahwa tubuh sedang membangun respons kekebalan,” kata Baumgarten.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Sinopharm Menurut BPOM

Di sisi lain, banyak pula orang tidak mengalami efek samping sama sekali. Namun itu bukan berarti vaksin tidak bekerja. Cara setiap orang menerim vaksin berbeda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut tujuh efek samping yang wajar terjadi sehabis menerima vaksin

1. Lengan sakit

Sejauh ini, efek samping yang paling umum dan paling tidak mengkhawatirkan adalah lengan terasa sakit, terutama saat jarum dimasukkan.

Beberapa orang mengatakan, sehabis menerima vaksin Covid-19 lengan juga mengalami kemerahan dan sedikit bengkak.

Anda mungkin ingin memilih sisi non-dominan Anda sehingga nyeri tidak mempengaruhi kehidupan Anda sehari-hari.

Cara terbaik untuk meredakan nyeri lengan adalah dengan meletakkan sesuatu yang dingin, seperti waslap basah atau kompres es, pada area suntikan. 

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 Berbeda pada Tiap Orang, Ahli Jelaskan Alasannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X