Kompas.com - 09/05/2021, 10:50 WIB
Salah satu tahapan dalam anti-aging facial di klinik Derma Express Jakarta. Dok Klinik Derma Express Salah satu tahapan dalam anti-aging facial di klinik Derma Express Jakarta.

KOMPAS.com – Perawatan wajah untuk membersihkan kulit secara mendalam di klinik kecantikan, atau lebih dikenal dengan facial, merupakan cara paling efektif untuk mengangkat komedo.

Ada beragam jenis facial, salah satunya adalah Anti-Aging Facial yang menjadi andalan klinik Derma Express. Tidak hanya membuat kulit wajah lebih bersih dan halus, facial ini juga akan membuat wajah lebih cerah dan tidak kusam.

Dijelaskan oleh dr.Edwin dari Derma Express cabang Utan Kayu Jakarta, komedo timbul karena beberapa faktor, mulai sumbatan sel kulit mati dan sel minyak, hingga proses membersihkan wajah yang kurang bersih.

“Minimal melakukan double cleansing, namun itu pun tidak menjamin komedo tidak akan muncul,” kata Edwin.

Baca juga: 8 Macam Perawatan Rumahan untuk Hilangkan Komedo, Sudah Tahu?

Melakukan peeling sendiri di rumah juga bukan berarti komedo tidak muncul. Karenanya ia menyarankan untuk tetap melakukan facial setidaknya sebulan sekali agar wajah benar-benar bersih.

Dengan melakukan facial, komedo, baik yang whitehead atau black head, akan dibersihkan atau diekstraksi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah-langkah

Sebelum melakukan facial di klinik Derma Express, kita akan diperiksa dulu oleh dokter.

“Tujuannya untuk mengetaui kondisi mukanya, karena facial sendiri ada beberapa jenis,” ujar Edwin.

Secara umum Anti-Aging Facial di klinik Derma Express hampir sama dengan facial pada umumnya. Ada pun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Membersihkan Wajah dengan Cleansing Balm Lebih Efektif?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X