Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, 5 Jenis Kanker yang Paling Mematikan Bagi Pria

Kompas.com - 09/05/2021, 16:23 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Randi Bachtiar, suami artis cilik, Tasya Kamila dikabarkan mengidap kanker Limfoma Hodgkin stadium 2.

Penyakit ini memang tidak populer di kalangan awam karena kasusnya masih jarang yang terungkap ke publik. Kanker memang penyakit mematikan yang tidak pandang gender, pria dan wanita sama-sama memiliki risiko tinggi.

Kita mungkin selama ini lebih sering mendengar kabar kanker yang diderita oleh wanita. Namun nyatanya, risikonya pada pria juga tak kalah mematikan.

Dikutip dari Very Well Health, kematian akibat kanker di Amerika Serikat lebih tinggi pada pria dibandingkan wanita. Berdasarkan statistik tahun 2011-2015, angka kematian akibat kanker adalah 196,8 per 100.000 laki-laki dan 139,6 per 100.000 perempuan.

Baca juga: Suami Tasya Kamila Berjuang Melawan Kanker Limfoma Hodgkin

Setidaknya ada 323.630 pria di AS meninggal karena kanker pada tahun 2018 lalu. Jenis kankernya beragam mulai dari paru-paru sampai kolorektal.

Jika ditilik lebih jauh, ada lima jenis kanker yang berada di daftar atas sebagai penyakit fatal yang paling sering menyerang pria yaitu:

  • Kanker paru-paru

Jenis penyakit ini adalah kanker pembunuh nomor satu bagi para pria. Bahkan jumlah kematiannya diperkirakan lebih banyak dibandingkan kombinasi berbagai kanker lainnya.

Gejala kanker paru-paru pada pria antara lain batuk terus-menerus, batuk darah, suara serak, dan sesak napas. Pemica utamanya ialah kebiasaan merokok berkepanjangan dan berbagai faktor lainnya.

Karena, para perokok amat disarankan untuk melakukan skrining rutin tahunan untuk memastikan kondisi tubuhnya. Cara ini dipercaya dapat menurunkan risiko kematian hingga 20 persen.

Cek berkala direkomendasikan bagi pria yang masih dan pernah merokok, berusia 50 sampai 80 tahun dan menghisap hingga 20 pak rokok per tahun.

Baca juga: Pentingnya Deteksi Dini, Berikut Gejala Awal Kanker Paru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com