Kompas.com - 09/05/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Komedo termasuk masalah kulit wajah yang bisa dialami siapa saja, pria atau wanita. Jika diabaikan, komedo juga bisa berkembang menjadi jerawat.

Secara garis besar, komedo dapat terbentuk karena adanya sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit. Terkadang berbentuk titik-titik kehitaman di hidung atau pun seperti benjolan kecil dan keras mirip jerawat.

Menurut penjelasan dr.Edwin dari klinik Derma Express Jakarta, ada dua jenis komedo yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

“Warna hitam kerena komedo ada di permukaan kulit, terkena udara dan teroksidasi sehingga warna hitam. Sedangkan whitehead, komedonya ketutup sama kulit dan tidak terkena udara. Warnanya sama dengan warna kulit,” kata Edwin.

Baca juga: Wajah Bersih Bebas Komedo dengan Anti-Aging Facial

Kedua jenis komedo ini penyebabnya sama, yang membedakan letaknya. Jika komedo hitam seringkali muncul di bagian hidung, sekitar dagu, atau pipi.

Secara umum, menurut Edwin, komedo hitam lebih mudah diatasi. Tinggal diekstraksi, komedonya sudah bisa terangkat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau whitehead agak dalam, kalo dipencet saja agak susah, harus dicouter atau tusuk jarum sedikit,” ujarnya.

Kendati demikian, Edwin menyarankan agar dilakukan facial wajah di klinik untuk mengatasi komedo, ketimbang memencetnya sendiri di rumah.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Salah satu tahapan facial di klinik Derma Express.Dok Klinik Derma Express Salah satu tahapan facial di klinik Derma Express.

Melakukaan peeling atau eksfoliasi di rumah, lanjut dia, memang bisa membantu mengangkat sel kulit mati sehingga komedonya bisa berkurang.

“Sedangkan di klinik akan dilakukan pembersihan yang lebih mendalam selain mengangkat komedo. Setelah itu bisa dilakukan treatment lain untuk masalah kulitnya,” paparnya.

Karena itu, terapi facial tetap perlu dilakukan rutin, minimal sebulan sekali, untuk membersihkan komedo.

Bagaimana pun, wajah yang bersih merupakan langkah awal untuk memiliki kulit yang sehat dan flawless.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kulit Wajah Bebas Komedo



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.