Kompas.com - 10/05/2021, 11:50 WIB
Banyak orang kerap membandingkan dirinya sendiri dengan pencapaian orang lain. Tanpa disadari, kebiasaan ini malah akan menggiring kita pada kegagalan. PIXABAY/SHAD0WFALLBanyak orang kerap membandingkan dirinya sendiri dengan pencapaian orang lain. Tanpa disadari, kebiasaan ini malah akan menggiring kita pada kegagalan.

KOMPAS.com - Kata-kata "usia 25 tahun" mendadak ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Sejumlah pengguna Twitter mengunggah tangkap layar unggahan sebuah akun Instagram yang mencantumkan tentang: "usia 25 tahun idealnya punya apa?"

Unggahan tersebut kemudian menjabarkan poin-poin apa saja yang dianggap "ideal" untuk dicapai pada usia 25 tahun, yakni punya tabungan 100 juta, cicilan rumah sisa 20 persen lagi, punya kendaraan pribadi, hingga gaji minimal Rp 8 juta.

Hingga berita ini dinaikkan, topik tersebut sudah dibahas dalam lebih dari 16.700 tweet.

Banyak pengguna Twitter berkomentar dan membagikan pengalaman pribadinya di usia 25 tahun atau memberikan pandangan tentang anggapan tersebut.

Travel blogger dan penulis Alexander Thian, misalnya, menulis lewat tweet-nya bahwa setiap orang punya standar ideal yang berbeda karena mulai dari titik yang berbeda-beda pula.

Adanya standar-standar ideal yang beredar bisa memunculkan insecurity (perasaan tidak aman) bagi sejumlah orang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, praktisi mindfulness Adjie Santosoputro mengajak semua orang untuk tak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sebab, standar ideal milik seseorang tak seharusnya dipaksakan untuk orang lain.

"Tiap orang punya jatah perjalanan yg beda-beda. Dan kita gak tau perjalanan orang lain seperti apa," tulisnya dalam tweet.

Alasan untuk tak membandingkan diri

Ramainya topik tentang standar ideal di usia 25 tahun ini hanyalah potret kecil dari sebuah fenomena bahwa banyak orang masih suka membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain, atau dibandingkan dengan orang lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X