Kompas.com - 10/05/2021, 12:20 WIB
Ilustrasi kopi, rambut panjang shutterstockIlustrasi kopi, rambut panjang
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kopi memiliki kandungan kafein yang berfungsi meningkatkan fokus dan menjaga agar kita tetap terjaga.

Namun tidak disangka, kandungan kafein pada kopi juga bermanfaat dalam memelihara kesehatan rambut. Kok bisa?

Bridgette Hill, ahli trikologi dan pewarna di Paul Labrecque Salon and Skincare Spa di New York dan Palm Beach, menjelaskan fakta tersebut.

Menurut Hill, kafein bertugas merangsang aliran darah ke kulit kepala kita, di mana darah akan memberi makan kulit kepala dengan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Jika aliran darah tidak mencukupi, maka folikel dan helai rambut akan mengalami kekeringan, penipisan, atau kerontokan rambut.

Itulah sebabnya, secangkir kopi yang mengandung kafein bisa menjadi sesuatu yang kita butuhkan untuk menyehatkan rambut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pakai Ampas Kopi untuk Perawatan Lulur dan Rambut, Sudah Tahu?

Kafein secara alami akan melawan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang sering dikaitkan dengan penyebab kebotakan pada rambut, kata dokter kulit Dhaval Bhanusali, MD.

Bhanusali adalah founder Hudson Dermatology and Laser Surgery di New York, Amerika.

Senyawa kafein pada kopi akan mendorong rambut agar terus bertumbuh. Kesimpulannya, kopi mampu membantu mencegah kebotakan dan salah satu cara memeroleh rambut yang lebih panjang, tebal, dan sehat.

Akan tetapi, kopi dengan kandungan kafein harus dikonsumsi secara rutin selama tiga bulan agar kita dapat melihat hasilnya.

Daripada membeli produk perawatan rambut, jauh lebih simpel merawat rambut dengan mengonsumsi secangkir kopi, bukan begitu?

Baca juga: 5 Perubahan Gaya Hidup yang Bisa Kurangi Kerontokan Rambut



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X