Kompas.com - 10/05/2021, 13:14 WIB
Tak hanya mengharumkan ruangan, bunga sedap malam juga punya sejumlah manfaat kesehatan. SHUTTERSTOCK/CRYSTALFOTOTak hanya mengharumkan ruangan, bunga sedap malam juga punya sejumlah manfaat kesehatan.

KOMPAS.com - Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa L.) dikenal sebagai bunga yang dapat membantu mengharumkan ruangan.

Di Indonesia, bunga dengan ciri khas aroma manis dan musky ini sudah sejak lama dikenal sebagai bunga untuk dekorasi hari lebaran bagi sebagian orang.

Padahal, manfaat bunga sedap malam ternyata tak hanya untuk mengharumkan ruangan, lho. Ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari bunga dengan kelopak putih ini.

Merangkum sejumlah sumber, beberapa manfaat bunga sedap malam antara lain:

1. Menghilangkan bau badan

Seperti bunganya, minyak atsiri bunga sedap malam sangat dikenal dengan kegunaannya sebagai wewangian.

Selain kerap digunakan sebagai bahan baku parfum, minyak atsiri sedap malam juga bisa menghilangkan bau badan jika digunakan sebagai deodoran.

Ini mungkin tak secara langsung berkaitan dengan kesehatan. Namun, bau badan yang mengganggu dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan pada akhirnya memengaruhi kepercayaan diri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Meredakan stres dan kecemasan

Aroma yang menangkan dan berbagai komponen kimiawi yang terkandung di dalam minyak bunga sedap malam memiliki efek relaksasi pada otak, saraf, dan otot.

Hal ini dapat membantu seseorang meredakan stres, ketegangan, kecemasan, depresi, kemarahan, penderitaan saraf, kejang, kram, batuk spasmodik, dan diare.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Bunga Sedap Malam Agar Tahan Lama

3. Mengurangi peradangan

Minyak atsiri dari bunga ini dapat membantu meredakan peradangan, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf dan sistem pernapasan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.