Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Kesehatan Bunga Sedap Malam, Tak Hanya Bikin Harum Ruangan

Kompas.com - 10/05/2021, 13:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa L.) dikenal sebagai bunga yang dapat membantu mengharumkan ruangan.

Di Indonesia, bunga dengan ciri khas aroma manis dan musky ini sudah sejak lama dikenal sebagai bunga untuk dekorasi hari lebaran bagi sebagian orang.

Padahal, manfaat bunga sedap malam ternyata tak hanya untuk mengharumkan ruangan, lho. Ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari bunga dengan kelopak putih ini.

Merangkum sejumlah sumber, beberapa manfaat bunga sedap malam antara lain:

1. Menghilangkan bau badan

Seperti bunganya, minyak atsiri bunga sedap malam sangat dikenal dengan kegunaannya sebagai wewangian.

Selain kerap digunakan sebagai bahan baku parfum, minyak atsiri sedap malam juga bisa menghilangkan bau badan jika digunakan sebagai deodoran.

Ini mungkin tak secara langsung berkaitan dengan kesehatan. Namun, bau badan yang mengganggu dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan pada akhirnya memengaruhi kepercayaan diri.

2. Meredakan stres dan kecemasan

Aroma yang menangkan dan berbagai komponen kimiawi yang terkandung di dalam minyak bunga sedap malam memiliki efek relaksasi pada otak, saraf, dan otot.

Hal ini dapat membantu seseorang meredakan stres, ketegangan, kecemasan, depresi, kemarahan, penderitaan saraf, kejang, kram, batuk spasmodik, dan diare.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Bunga Sedap Malam Agar Tahan Lama

3. Mengurangi peradangan

Minyak atsiri dari bunga ini dapat membantu meredakan peradangan, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf dan sistem pernapasan.

Namun, untuk mendapatkan efek menenangkan ini, kita harus menggunakannya dalam tingkat pengenceran yang relatif tinggi.

Penelitian pada hewan yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity menjelaskan lebih lanjut bahwa bunga sedap malam tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, tetapi juga bersifat antioksidan.

4. Memperlancar sirkulasi darah

Minyak atsiri sedap malam dapat menstimulasi dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan efek menghangatkan.

Efek menghangatkan ini sangatlah bermanfaat terutama ketika cuaca sedang dingin untuk menjaga sistem pernapasan tetap hangat, mencegah pengendapan dahak dan penyakit selesema, meningkatkan produktivitas, dan membantu menyembuhkan gangguan seksual.

5. Menjaga kesehatan kulit

Pijat dengan larutan yang terdiri dari beberapa tetes minyak bunga sedap malam dan air hangat dapat membantu mengunci kelembapan kulit dan meremajakan kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com