Kompas.com - 10/05/2021, 15:56 WIB
Ilustrasi menikah. SHUTTERSTOCKIlustrasi menikah.

KOMPAS.com - Ketika memilih pasangan untuk menghabiskan sisa hidup kita, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, baik yang disadari atau pun tidak.

Di antara faktor yang tidak disadari itu, salah satunya ternyata kesehatan mental

Menurut sebuah studi, jika kita menikahi seseorang dengan masalah kesehatan mental, kemungkinan kita juga memilikinya, walau tidak terdiagnosis.

Sementara itu, menurut Medical Xpress dan Eureka Alert, orangtua yang menderita skizofrenia dan gangguan bipolar sering kali memiliki pasangan yang juga berjuang dengan kesehatan mental. Hal ini sebenarnya memengaruhi kehidupan anak-anaknya.

Baca juga: Cara Menghadapi Orangtua Toksik Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga

Kesimpulan tersebut ditemukan oleh hasil penelitian terbaru dari Proyek Psikiatri Denmark (IPSYCH).

Para peneliti mengatakan, ini terjadi karena kita secara biologis tertarik pada seseorang yang mirip dengan kita dalam hal status sosial, pendidikan, dan pendapatan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam penelitian ini terdapat 872 orangtua yang terlibat. Pasangan dipilih berdasarkan salah satu orangtua yang memiliki kasus skizofrenia atau gangguan bipolar, dan yang tidak memiliki diagnosis resmi apa pun

Saat menyelesaikan penelitian, peneliti menemukan bahwa hampir setengah dari orangtua yang tidak terdiagnosis ternyata memiliki gangguan kesehatan mental yang serupa.

Peneliti juga menemukan, apabila pasangan yang tidak terdiagnosis memiliki tingkat fungsional yang lebih rendah karena kurangnya sumber daya dan pengobatan.

Baca juga: 3 Cara agar Penderita Bipolar Produktif di Lingkungan Kerja

Diagnosis yang paling umum di antara pasangan adalah depresi, tetapi enam persen pasangan juga memenuhi kriteria untuk skizofrenia.

Studi ini memiliki implikasi untuk perawatan dan sumber daya maupun dukungan yang dibutuhkan untuk merawat anak, serta orangtua dengan masalah kesehatan mental.

Ini juga mungkin menunjukkan tanda yang harus diperhatikan pada anak-anak. Sebab, anak-anak yang memiliki orangtua dengan skizofrenia atau bipolar sudah memiliki kecenderungan, sehingga pemantauan lebih lanjut sangat diperlukan.

Baca juga: Mengenali dan Mengatasi Depresi pada Anak



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X