Kompas.com - 11/05/2021, 04:10 WIB
Rawon bisa menjadi hidangan alternatif di hari lebaran selain opor ayam. SHUTTERSTOCK/FAIZ DILARawon bisa menjadi hidangan alternatif di hari lebaran selain opor ayam.

KOMPAS.com - Opor ayam menjadi salah satu menu masakan yang rasanya "wajib" ada di momen lebaran.

Biasanya, opor ayam disajikan bersama sejumlah menu khas lebaran lain, seperti sambal goreng ati, rendang, sayur lodeh, dan lainnya.

Ada beberapa versi opor ayam di Indonesia, seperti opor ayam kuning dan opor ayam putih.

Tapi, jika Anda ingin bereksplorasi dengan menu lebaran lainnya, berikut pilihan menu masakan lebaran selain opor ayam yang dapat dicoba:

1. Soto

Soto adalah menu masakan yang sangat akrab di lidah kita sehari-hari. Kita juga bisa mendapatkannya dengan mudah, mulai dari dari pedagang kaki lima hingga soto di restoran.

Untuk itu, masakan ini juga cocok menjadi alternatif menu masakan lebaran.

Ada berbagai jenis soto atau coto di setiap daerah dengan racikan yang berbeda-beda, seperti soto Madura, soto Betawi, soto Bandung, coto Makassar, dan lainnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada dasarnya, menurut buku 100 Resep Sop & Soto Indonesia yang ditulis oleh Dapur Kirana (2009), soto atau coto adalah masakan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran.

Daging yang paling sering digunakan adalah ayam dan sapi, tetapi banyak juga tersedia soto daging kambing.

Setiap soto punya rasa yang berbeda-beda. Misalnya, jika mencari menu masakan yang lebih sehat maka bisa memilih menu soto dengan ayam dan tidak ditambahkan santan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X