Kompas.com - 11/05/2021, 08:29 WIB
Ilustrasi dekorasi rumah. Apartementtherappy.comIlustrasi dekorasi rumah.

KOMPAS.com - Sebelum pandemi melanda, mungkin kita tak pernah membayangkan bisa menghabiskan waktu hanya di rumah saja dari pagi hingga ke malam.

Nyatanya rumah kini menjadi tempat untuk bekerja, berolahraga, sekolah, dan banyak hal yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin.

Pada awal abad ke-20, Carl Jung, ahli teori dan psikiater Swiss mengatakan bahwa rumah sangat simbolis dan signifikan secara psikologis. Lebih dari sekadar tempat berlindung, rumah adalah refleksi diri dan identitas kita.

Bagaimana kita menata dan menerapkan pembagian ruang di rumah terkait erat dengan narasi batin dan keadaan mental pikiran kita.

Baca juga: Tips Membuat Betah di Rumah walau Hidup Sendirian

Banyak penelitian modern mendukung gagasan ini, meletakkan dasar psikologi lingkungan, atau studi tentang bagaimana lingkungan yang kita rawat memengaruhi suasana hati dan perilaku kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, segala sesuatu mulai dari cara mengatur sofa hingga seberapa banyak sinar matahari masuk kamar dapat berdampak pada kesehatan emosional dan fisik kita.

“Bagaimana rumah diatur, didekorasi, dan dilengkapi furnitur dapat dikurasi untuk membangkitkan beragam perasaan yang berfungsi sebagai bentuk regulasi emosional," kata Lindsay T. Graham, PhD, seorang spesialis penelitian di Pusat Lingkungan Buatan di Universitas California di Berkeley, CA.

Berikut ini adalah 8 solusi yang didukung penelitian untuk meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan, serta mengubah rumah menjadi sebuah sanctuary.

Baca juga: Era Digital, Inilah Jenis Pekerjaan yang Bisa Dijalani dari Rumah

1. Melihat kondisi rumah dan memperbaikinya

Lihat ke sekeliling rumah kita, lihat apakah ada yang rusak dan harus diperbaiki atau ganti, apakah dekorasinya sudah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Halaman:


Sumber Vogue
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.