Kompas.com - 11/05/2021, 12:06 WIB
Ilustrasi kondisi kulit kering Dok. ShutterstockIlustrasi kondisi kulit kering

KOMPAS.com – Kondisi kulit kering ternyata dapat memicu timbulnya berbagai masalah, seperti gatal, iritasi, hingga keriput. Pada beberapa orang, kondisi kulit kering bahkan berpotensi menjadikan kulit jadi bersisik.

Permasalah kulit tersebut bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman karena dapat mengganggu penampilan. Alhasil, rasa percaya diri pun ikut menurun bila kondisi kulit terlihat kemerahan, bersisik, dan keriput.

Untuk diketahui, ada tiga faktor yang menyebabkan kulit kering. Pertama, faktor genetik, karena pada dasarnya ada beberapa orang yang memiliki jenis kulit kering. Kedua, cuaca dingin, kelembapan udara yang rendah, dan terpapar sinar matahari berlebih.

Ketiga, kebiasaan yang membuat derajat keasaman (pH) kulit tidak seimbang. Kebiasaan tersebut antara lain menggunakan sabun cuci muka atau sabun mandi yang tidak sesuai dengan kondisi kulit, merokok, dan mengabaikan perawatan kulit dari luar.

Baca juga: Kembangkan Pelatihan Produk Obat dan Kosmetik, Kemenaker Gandeng Martha Tilaar

Bagi pemilik kulit kering, momentum Ramadhan merupakan salah satu tantangan tersendiri. Pasalnya, tubuh rentan mengalami dehidrasi akibat kekurangan asupan cairan sehingga kulit lebih menjadi lebih kering.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir riset NCBI, Rabu (23/1/2019), ketika seseorang tidak minum selama lebih dari 12 jam, tubuh akan mengalami dehidrasi. Akibatnya, kelembapan pada jaringan kulit ikut menurun.

Jika kondisi tersebut tak segera diatasi, kulit kering ekstrem yang mengakibatkan kulit pecah-pecah hingga infeksi tak dapat dihindari. Karena itu, menjaga kulit agar tetap lembap merupakan hal penting untuk diperhatikan.

Selain mengonsumsi air dalam jumlah cukup, melakukan perawatan terhadap kulit kering juga tak kalah penting. Salah satunya adalah melakukan ritual skincare yang tepat agar kulit tetap terhidrasi.

Baca juga: Ini Upaya Martha Tilaar Group Tetap Eksis di Tengah Ancaman Covid-19

Berikut Kompas.com rangkumkan tips cara merawat kulit kering.

1. Pakai produk pembersih yang gentle

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X