Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesal dengan Kulit yang Terasa Kering? Baca Dulu Tips Perawatan Ini

Kompas.com - 11/05/2021, 12:06 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kondisi kulit kering ternyata dapat memicu timbulnya berbagai masalah, seperti gatal, iritasi, hingga keriput. Pada beberapa orang, kondisi kulit kering bahkan berpotensi menjadikan kulit jadi bersisik.

Permasalah kulit tersebut bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman karena dapat mengganggu penampilan. Alhasil, rasa percaya diri pun ikut menurun bila kondisi kulit terlihat kemerahan, bersisik, dan keriput.

Untuk diketahui, ada tiga faktor yang menyebabkan kulit kering. Pertama, faktor genetik, karena pada dasarnya ada beberapa orang yang memiliki jenis kulit kering. Kedua, cuaca dingin, kelembapan udara yang rendah, dan terpapar sinar matahari berlebih.

Ketiga, kebiasaan yang membuat derajat keasaman (pH) kulit tidak seimbang. Kebiasaan tersebut antara lain menggunakan sabun cuci muka atau sabun mandi yang tidak sesuai dengan kondisi kulit, merokok, dan mengabaikan perawatan kulit dari luar.

Baca juga: Kembangkan Pelatihan Produk Obat dan Kosmetik, Kemenaker Gandeng Martha Tilaar

Bagi pemilik kulit kering, momentum Ramadhan merupakan salah satu tantangan tersendiri. Pasalnya, tubuh rentan mengalami dehidrasi akibat kekurangan asupan cairan sehingga kulit lebih menjadi lebih kering.

Melansir riset NCBI, Rabu (23/1/2019), ketika seseorang tidak minum selama lebih dari 12 jam, tubuh akan mengalami dehidrasi. Akibatnya, kelembapan pada jaringan kulit ikut menurun.

Jika kondisi tersebut tak segera diatasi, kulit kering ekstrem yang mengakibatkan kulit pecah-pecah hingga infeksi tak dapat dihindari. Karena itu, menjaga kulit agar tetap lembap merupakan hal penting untuk diperhatikan.

Selain mengonsumsi air dalam jumlah cukup, melakukan perawatan terhadap kulit kering juga tak kalah penting. Salah satunya adalah melakukan ritual skincare yang tepat agar kulit tetap terhidrasi.

Baca juga: Ini Upaya Martha Tilaar Group Tetap Eksis di Tengah Ancaman Covid-19

Berikut Kompas.com rangkumkan tips cara merawat kulit kering.

1. Pakai produk pembersih yang gentle

Setelah mengunakan produk pembersih tubuh maupun wajah, hampir sebagian besar orang mengira bahwa kulit kesat setelah mandi atau mencuci muka merupakan pertanda bahwa kulit sudah bersih dan sehat.

Faktanya, sensasi kesat atau kulit tertarik tersebut justru menjadikan lapisan pelindung kulit terluar atau disebut skin barrier rusak dan memicu terjadinya kulit kering.

Melansir Healthline, Senin (28/9/2020), kandungan pewangi berlebih pada sabun bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Baca juga: UGM dan Martha Tilaar Jalin Kerja Sama Generasi Berkreasi

Karena itu, agar kulit tetap lembab, mengganti sabun mandi atau sabun wajah dengan kandungan bahan yang ringan di kulit merupakan pilihan tepat.

Untuk mendapatkan produk pembersih dengan kandungan yang ringan cukup mudah. Anda bisa mencari produk yang mencantumkan kadar pH rendah atau bahan pelembab yang tercantum di label kemasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com