Kompas.com - 11/05/2021, 14:17 WIB
Kucing American shorthair UnsplashKucing American shorthair

KOMPAS.com - Setiap hewan peliharaan tentu akan diberikan nama untuk membedakannya dengan hewan peliharaan lain atau agar mudah dipanggil.

Hal yang menarik, anjing atau kucing lucu akan menoleh dan merespons ketika dipanggil namanya. Apakah ini artinya kucing kamu mengetahui namanya?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Sophia di Tokyo, Jepang, kucing tampaknya mengenali nama mereka dari kata lain.

Baca juga: Anjing dan Kucing, Mana yang Lebih Pintar?

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Scientific Reports menjelaskan bahwa data menunjukkan kucing memang merespons secara berbeda terhadap nama mereka sendiri daripada kata-kata lain dengan bunyi vokal, konsonan, dan panjang suku kata yang serupa.

Namun, penulis studi menyimpulkan bahwa belum dapat dipastikan apakah kucing memahami nama mereka sebagai label pengenal.

Dr Jennifer Vonk, seorang profesor yang berspesialisasi dalam kognisi hewan, pun setuju akan penelitian tersebut.

"Kami tidak dapat menyimpulkan bahwa kucing memahami sebuah nama sebagai representasi identitas mereka. Namun, yang pasti adalah kucing mengenali namanya sebagai tanda khusus, yang terkait dengan hadiah seperti makanan dan belaian."

Baca juga: Hewan Peliharaan Selalu Merasa Lapar, Kenapa?

Ketika mendengar namanya dipanggil, kucing akan merespons dengan berbagai bentuk. Mulai dari respons vokal maupun nonverbal seperti menggerakkan ekor ataupun telinganya.

Menurut penelitian, kucing dapat merespons ketika ada yang menyebut namanya, bahkan tak hanya tuannya, tetapi orang lain yang menyebut namanya pun juga akan menerima respons dari si kucing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hills Pet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.