PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

Kulit Kering Bikin Enggak "Pede”? Ketahui 3 Penyebabnya

Kompas.com - 11/05/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi kondisi kulit kering Dok. ShutterstockIlustrasi kondisi kulit kering

KOMPAS.com – Dari sekian permasalahan kulit yang ada, kulit kering merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu bagi kaum hawa. Selain membuat tidak percaya diri (pede), kulit kering juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti gatal-gatal dan iritasi.

Untuk diketahui, kulit kering merupakan kondisi ketika lapisan kulit paling atas tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit tampak kusam, bersisik, dan keriput.

Menurut ahli dermatologi asal California Annie Chiu, kulit kering bisa mengakibatkan permasalahan kulit yang serius jika dibiarkan tanpa perawatan.

Kulit kering bisa menimbulkan masalah penuaan dini, seperti pengelupasan, iritasi, dan kerusakan,” kata Annie seperti dikutip dari laman Women’s Health Magazine, Senin (7/11/2016).

Oleh sebab itu, untuk menghindari masalah tersebut, kamu harus bisa menghindari hal-hal penyebab kulit kering. Berikut di antaranya.

1. Penggunaan skincare berbahan aktif

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan produk perawatan kulit (skinkcare) memang dianjurkan untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan ternutrisi. Namun, ada beberapa kandungan aktif pada skincare yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Baca juga: 4 Rekomendasi Asupan Vitamin Harian untuk Pemilik Kulit Kering

Masih menurut laman Women’s Health Magazine, kandungan aktif tersebut biasanya ditemukan pada produk anti-penuaan (anti-aging), seperti retinol, glycolic acid, salicylic acid, dan benzoyl peroxide.

“Kandungan aktif itu dapat meningkatkan pergantian sel kulit sehingga menyebabkan kulit jadi kering,” kata Annie.

Meski menyebabkan kulit kering, kata Annie, kandungan tersebut sesungguhnya tidak berbahaya. Oleh sebab itu, untuk menghindari kulit kering, gunakan pelembap setelah menggunakan skincare anti-aging.

Kamu juga bisa memilih produk skincare clean beauty yang baik untuk kulit kering. Pasalnya, kandungan bahan aktif yang bisa memicu sensitivitas kulit pada produk clean beauty biasanya tidak terlalu tinggi.

2. Terlalu sering eksfoliasi kulit

Eksfoliasi merupakan salah satu cara ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak dari wajah. Dengan begitu, kotoran tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan permasalahan kulit.

Eksfoliasi memang akan membuat kulit terasa lebih mulus dan halus. Namun, jika dilakukan secara berlebihan, eksfoliasi justru dapat membuat kulit kehilangan kandungan minyak alaminya sehingga tekstur kulit menjadi lebih kering.

Baca juga: Susah-Susah Gampang Pilih Skincare yang Cocok, Simak Tipnya!

Oleh karena itu, kamu perlu membatasi rutinitas eksfoliasi, baik untuk kulit wajah maupun tubuh. Cukup lakukan eksfoliasi 1-3 kali dalam seminggu untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.

Produk perawatan yang biasa digunakan untuk eksfoliasi adalah toner dan scrub. Pastikan kamu menggunakan body scrub atau facial scrub yang mengandung minyak atau pelembap alami sehingga tidak menimbulkan efek kering pada kulit.

3. Penggunaan sabun pembersih yang kurang cocok

Jika kulit wajah terasa kering dan seperti ditarik setelah menggunakan sabun pembersih tubuh atau wajah, bisa jadi sabun yang digunakan mengandung bahan yang kurang cocok di kulit.

Mengutip laman Healthline, biasanya sabun pembersih yang memicu kulit kering mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan pewangi yang kuat.

Jika kandungan itu dipakai terus-menerus, lapisan kulit teratas bisa rusak dan menjadi sangat kering. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari sabun pembersih dengan kandungan tersebut jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif.

Baca juga: Perlukah Rawat Kulit dan Wajah Selama WFH?

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih sabun pembersih dengan kandungan ringan dan kadar pH rendah agar kulit tetap lembap. Selain itu, kamu juga bisa memilih sabun yang mengandung pelembap dan wewangian yang alami.

Cek di sini untuk menemukan produk-produk sabun pembersih yang alami supaya kulit tubuh serta wajahmu semakin sehat dan lembap.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi perawatan kulit kering dengan produk-produk yang terbukti aman bagi kulit dan lingkungan. Salah satunya, rangkaian produk perawatan tubuh dan wajah dari Martha Tilaar.

Untuk diketahui, seluruh rangkaian produk Martha Tilaar mengedepankan konsep clean beauty atau ramah di kulit dan lingkungan. Hal ini dibuktikan dengan kandungannya yang sudah teruji klinis, bebas paraben, dan tidak melalui proses pengujian produk pada hewan.

Kamu pun tidak perlu khawatir akan kualitas produknya. Sebab, seluruh produk Martha Tilaar dijamin 100 persen halal dan aman.

Pada bulan Mei yang penuh berkah, brand dengan slogan choose to be optimista itu mengajak kamu agar tetap optimis dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Oleh sebab itu, Martha Tilaar memberikan penawaran khusus berupa diskon menarik di Ramadan Fair yang juga berhadiah Mystery Box.

Untuk mendapatkan diskon dan hadiah tersebut, kamu dapat membeli produk khusus kulit kering dari Martha Tilaar melalui Martha Tilaar Shop. Penawaran menarik ini bisa kamu dapatkan secara eksklusif di www.marthatilaarshop.com hingga 23 Mei 2021.

chat & buy

Tanya di sini Chat & buy.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.