BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Lebaran di Rumah Tanpa Mudik Jadi Lebih Asyik dengan Melakukan 5 Aktivitas Ini

Kompas.com - 12/05/2021, 08:03 WIB
Ilustrasi memasak bersama menyambut Lebaran. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi memasak bersama menyambut Lebaran.
|

KOMPAS.com – Sama seperti tahun kemarin, masyarakat Indonesia harus kembali menahan diri untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman pada momen Idul Fitri tahun ini. Sebab, pemerintah masih melarang aktivitas mudik untuk menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Meskipun tidak bisa bersilaturahmi secara langsung dengan sanak saudara, masih ada ragam aktivitas lain yang bisa menyemarakkan momen Idul Fitri tahun ini.

Adapun aktivitas yang bisa kamu lakukan meliputi memasak bersama keluarga di rumah, mendekorasi ruangan, menonton film, bermain bersama keluarga inti, dan bersilaturahmi secara virtual dengan keluarga besar. Berikut pembahasan selengkapnya.

1. Memasak bersama

Momen Lebaran di rumah bisa dimanfaatkan untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga inti. Salah satu caranya adalah dengan memasak.

Ada banyak ragam menu khas Lebaran yang bisa menjadi inspirasi untuk dibuat bersama. Sebut saja ketupat, opor ayam, rendang, semur daging, dan sambal ati goreng.

Baca juga: Ssstt, Ini Rahasia Jitu Bikin Konten Bisnis Menarik di TikTok Selama Ramadhan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya membuat makanan berat, kamu dan keluarga inti juga bisa membuat ragam penganan ringan atau kue khas Lebaran, seperti nastar, kastangel, putri salju, dan pastel.

2. Mendekorasi rumah

Selain memasak bersama, kamu juga bisa mendekorasi ruangan untuk menyambut Lebaran di rumah bersama keluarga inti.

Bila punya banyak waktu, cobalah untuk mengecat dinding ruang keluarga dengan warna yang lebih fresh dan mengubah tata letak perabot agar ruangan tampak lebih luas.

Jika tak punya banyak waktu, kamu bisa memberi sedikit sentuhan nuansa Lebaran di dalam ruang keluarga, misalnya memasang wallpaper baru, mengganti sarung bantal ruang tamu atau karpet dengan motif etnik, atau menggantungkan hiasan kaligrafi di dinding.

Ilustrasi menonton film bersama saat Lebaran Idul Fitri.DOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi menonton film bersama saat Lebaran Idul Fitri.

3. Menonton film

Sehabis bermaaf-maafan dan menyantap ragam menu khas Lebaran di hari pertama, kamu bisa melakukan aktivitas lain di hari kedua Lebaran. Salah satunya, dengan menonton film bersama.

Pada hari Lebaran, beberapa stasiun televisi biasanya menayangkan film yang berkaitan dengan suasana Idul Fitri. Di samping itu, kamu juga bisa menonton ragam film edukasi yang tersedia di layanan streaming berbayar.

Agar tambah semarak, kamu bisa memanfaatkan proyektor untuk ukuran layar yang lebih besar dan speaker home theater agar suara yang dihasilkan lebih mantap.

4. Bermain bersama

Momen Lebaran biasanya diisi dengan kegiatan berlibur ke destinasi yang belum pernah dikunjungi bersama keluarga inti. Namun, kegiatan ini tak bisa dilakukan seiring imbauan pemerintah untuk merayakan Lebaran di rumah.

Agar suasana Idul Fitri tidak membosankan, kamu bisa mencoba berbagai macam permainan menarik, seperti bermain catur, monopoli, ludo, dan ular tangga. Kamu juga bisa menyiapkan hadiah kejutan supaya permainan lebih seru dan menantang.

5. Bersilaturahmi secara virtual

Idul Fitri tanpa silaturahmi bagaikan makan sayur tanpa garam. Lebaran akan terasa hambar.
Agar tidak hambar, kamu bisa bersilaturahmi secara virtual pada Lebaran tahun ini.

Ada beragam cara silaturahmi virtual yang bisa kamu coba, mulai dari melakukan conference video call bersama keluarga besar hingga membuat video ucapan selamat Lebaran dengan memanfaatkan platform digital, seperti TikTok.

Ilustrasi membuat video TikTok bersama saat Lebaran.DOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi membuat video TikTok bersama saat Lebaran.

Sekadar informasi, guna mendukung silaturahmi secara virtual pada Lebaran tahun ini, TikTok mengadakan challenge berhadiah jutaan rupiah dengan tajuk #MudikOnline yang diadakan mulai 10-16 Mei 2021. Klik tautan berikut untuk mengetahui informasi lengkap mengenai challenge #MudikOnline.

Baca juga: Bantu Orangtua-Guru Buat Video Edukasi, TikTok Luncurkan Buku Panduan

Sebagai referensi, kamu bisa membagikan pengalaman Lebaran di rumah tanpa mudik dengan membuat mini daily vlog.

Pada vlog tersebut, ceritakan kisah yang dapat menginspirasi banyak orang, misalnya kisah persiapan kamu menyambut Lebaran, berbagi pendapat tentang kelebihan dan kekurangan Lebaran tanpa mudik, atau membuat video impersonate orang-orang terdekat yang biasa mereka bicarakan saat Lebaran.

Selamat mencoba dan selamat menikmati Hari Raya Idul Fitri di rumah, ya!


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya