Kompas.com - 12/05/2021, 08:49 WIB
ilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatan shutterstockilustrasi teh hijau, manfaat teh hijau bagi kesehatan

KOMPAS.com - Teh hijau dikenal memiliki manfaat yang kuat bagi kesehatan karena adanya zat-zat katekin seperti epicatechin, epicatechin-3-gallate, epigallocatechin, dan EGCG.

Senyawa katekin ini membantu melawan kanker, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan dapat menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis teh hijau yang tersedia di pasaran. Namun, beberapa di antaranya mengandung nutrisi seperti vitamin A, B, C, mangan, zinc, dan kromium.

Baca juga: Simak, 8 Manfaat Tersembunyi dari Teh Hijau untuk Kesehatan

Teh hijau juga mengandung 99,5 persen air dan dianggap sebagai minuman paling menghidrasi kedua setelah air.

Setiap kali kita membeli teh hijau, sebisa mungkin memilih daun teh dibandingkan kantong teh. Sebab, daun teh yang diseduh mengandung lebih banyak nutrisi daripada teh celup.

Nah, hal terpenting yang harus dipahami di sini adalah, meskipun teh hijau lebih sehat daripada teh biasa atau kopi tradisional, bukan berarti kita bisa meminumnya sepanjang hari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena pemilihan waktu untuk minum teh hijau bisa sangat menentukan apakah kita akan mendapatkan efek samping yang positif atau negatif.

Waktu yang terbaik

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari teh hijau, penting untuk mengonsumsinya pada waktu yang tepat.

Sebuah studi menunjukkan, waktu terbaik untuk minum teh hijau adalah di pagi hari dan sebelum sesi olahraga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X