Kompas.com - 12/05/2021, 20:00 WIB
ilustrasi orang tua dan teknologi ilustrasi orang tua dan teknologi

KOMPAS.com - Banyak orang di atas usia 60 tahun yang terkadang mulai lupa atau kehilangan ingatannya.

Apakah ini awal dari penurunan kognitif atau lebih buruk lagi karena penyakit demensia yang turun temurun dari orangtua?

Ahli bedah saraf Sanjay Gupta sekaligus penulis buku "Keep Sharp: Building a Better Brain at Any Age" mengatakan jawabannya adalah tidak.

Baca juga: Jantung yang Sehat Kurangi Risiko Demensia

Menurut dia, kelupaan adalah hal yang normal pada semua usia dan gen tidak membuat kita menderita demensia. Yang terpenting adalah menjaga otak sebaik mungkin.

"Kita dapat memengaruhi pemikiran maupun ingatan otak jauh lebih banyak daripada yang kita sadari, dan sebagian besar orang bahkan belum mulai mencoba," tulis dia.

Gupta menyaring hasil dari ratusan studi penelitian untuk membantu pembaca memahami apa yang diketahui, dan tidak diketahui tentang menjaga kesehatan otak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia banyak memecahkan mitos umum dan menggantikannya dengan nasihat berbasis sains tentang cara menjalani hidup yang lebih lama, serta lebih sehat dengan otak yang lebih fungsional.

Dia juga menunjukkan, kapasitas kognitif kita dapat mulai menurun jauh lebih awal dalam kehidupan daripada yang kita pikirkan, bahkan di awal masa dewasa.

Itulah mengapa dia merekomendasikan untuk membuat perubahan gaya hidup sejak dini untuk meningkatkan kekuatan otak di setiap usia, tidak hanya ketika kita mencapai usia 60-an.

Baca juga: Bagaimana Jatuh Cinta Mengubah Kinerja Otak

Nah, berikut adalah beberapa cara yang direkomendasikan oleh Gupta untuk menjaga otak tetap sehat dan terhindar dari penurunan kognitif yang lebih cepat saat kita menua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.