Kompas.com - 13/05/2021, 10:24 WIB
Ilustrasi jus buah shutterstockIlustrasi jus buah

KOMPAS.com - Jus bisa menjadi cara yang cepat dan nyaman untuk memasukkan  nutrisi tambahan ke dalam pola makan guna mendorong penurunan berat badan. Terlebih ketika kita banyak mengasup makanan tinggi kalori dan lemak di hari raya.

Namun, harus diketahui beberapa jenis jus ternyata tinggi gula dan rendah serat, sehingga meningkatkan asupan kalori yang menyebabkan penambahan berat badan.

Hal ini biasanya terjadi pada jus kemasan siap minum, yang sering kali penuh dengan gula, perasa buatan, dan pengawet.

Untungnya, ada banyak jus sehat dan lezat yang dapat kita buat sendiri di rumah hanya dengan menggunakan beberapa bahan sederhana.

Baca juga: Benarkah Jus Buah Segar Minuman yang Menyehatkan?

Selain mempertahankan jumlah serat yang lebih tinggi, membuat jus sendiri juga dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang dan mengelola rasa lapar.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah delapan jus terbaik untuk menurunkan berat badan dengan lebih sehat seperti yang dilansir dari laman Healthline.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jus seledri

Jus seledri baru-baru ini menjadi populer di kalangan konsumen yang sadar kesehatan karena tidak hanya rendah kalori tetapi juga mengandung lebih dari 95 persen air.

Studi menunjukkan bahwa memilih makanan dan minuman dengan kepadatan kalori yang lebih rendah dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, serta kehilangan lemak.

Baca juga: Tak Hanya untuk Masakan, Seledri Juga Punya Manfaat Kesehatan

Jus seledri juga merupakan sumber antioksidan dan senyawa tanaman yang bermanfaat, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melawan peradangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X