Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Konsumsi Makanan Berlemak? Jangan Lupakan 8 Jus Terbaik Ini

Kompas.com - 13/05/2021, 10:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jus bisa menjadi cara yang cepat dan nyaman untuk memasukkan  nutrisi tambahan ke dalam pola makan guna mendorong penurunan berat badan. Terlebih ketika kita banyak mengasup makanan tinggi kalori dan lemak di hari raya.

Namun, harus diketahui beberapa jenis jus ternyata tinggi gula dan rendah serat, sehingga meningkatkan asupan kalori yang menyebabkan penambahan berat badan.

Hal ini biasanya terjadi pada jus kemasan siap minum, yang sering kali penuh dengan gula, perasa buatan, dan pengawet.

Untungnya, ada banyak jus sehat dan lezat yang dapat kita buat sendiri di rumah hanya dengan menggunakan beberapa bahan sederhana.

Baca juga: Benarkah Jus Buah Segar Minuman yang Menyehatkan?

Selain mempertahankan jumlah serat yang lebih tinggi, membuat jus sendiri juga dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang dan mengelola rasa lapar.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah delapan jus terbaik untuk menurunkan berat badan dengan lebih sehat seperti yang dilansir dari laman Healthline.

1. Jus seledri

Jus seledri baru-baru ini menjadi populer di kalangan konsumen yang sadar kesehatan karena tidak hanya rendah kalori tetapi juga mengandung lebih dari 95 persen air.

Studi menunjukkan bahwa memilih makanan dan minuman dengan kepadatan kalori yang lebih rendah dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, serta kehilangan lemak.

Baca juga: Tak Hanya untuk Masakan, Seledri Juga Punya Manfaat Kesehatan

Jus seledri juga merupakan sumber antioksidan dan senyawa tanaman yang bermanfaat, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melawan peradangan.

2. Jus ubi bit

Atlet sering mengonsumsi jus ubi bit saat mereka ingin meningkatkan performa. Itu karena jus ini mengandung senyawa bermanfaat seperti nitrat makanan.

Nitrat makanan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan daya tahan otot, serta mengurangi tingkat tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah.

Baca juga: Manfaat Jus Buah Bit untuk Orang Berusia Lanjut

Ilustrasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi.

Sementara itu, bit juga rendah kalori dan sarat dengan serat, yang dapat membantu mendukung keteraturan, memperlambat pengosongan perut, dan membuat kita merasa kenyang lebih lama untuk meningkatkan manajemen berat badan.

Kendati demikian, sebagian besar kandungan seratnya bisa hilang selama proses pembuatan jus, sehingga jus ubi bit umumnya tidak mengandung banyak nutrisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com