Kompas.com - 13/05/2021, 10:54 WIB
Umat Muslim melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021). Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 hijriah dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan menampung 7.000 jemaah atau 50 persen dari total kapasitas di area lapangan. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGUmat Muslim melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2021). Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 hijriah dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan menampung 7.000 jemaah atau 50 persen dari total kapasitas di area lapangan.

KOMPAS.com - Walau Ramadhan sudah berlalu, orangtua tetap bisa mengajarkan anak tentang pentingnya berbagi kebaikan dan bersyukur. Terutama di Hari Raya Idul Fitri.

Umumnya anak mendapatkan hadiah di hari Idul Fitri dan sebagian besar berupa uang. Anak mungkin saja merasa iri ketika jumlah uang yang diterimanya berbeda dengan anak lain.

Untuk itu, orangtua perlu mengajarkan pentingnya arti bersyukur agar anak tidak perlu merasa iri. Berikut langkah mudah mengajarkan tentang bersyukur kepada anak.

Baca juga: Perlunya Mengajarkan Anak Patuh pada Orangtua

1. Tumbuhkan empati

Anak perlu menyadari betapa beruntungnya dirinya dan ada orang lain yang mungkin tidak mendapatkan kesempatan yang sama.

Orangtua bisa berbicara kepada anak tentang kemiskinan atau anak-anak yang hidup di lingkungan kurang beruntung karena tidak bisa mendapat hadiah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Katakan tidak

Berani mengatakan 'tidak' adalah langkah penting dalam pembelajaran anak. Apabila anak meminta tambahan hadiah agar sama dengan anak lain, orangtua harus berani bilang tidak.

Orangtua juga bisa memberikan alasan yang logis mengapa anak lain mendapatkan jumlah berbeda. Ini mungkin dapat membuat anak menyadari anak lain memiliki kebutuhan yang berbeda dengan dirinya.

Baca juga: Lebaran Virtual, Ini 4 Ide THR Unik yang Bisa Dibagikan

3. Ciptakan etika kerja

Dorong anak untuk melakukan pekerjaan agar bisa mendapatkan uang. Berikan pemahaman bahwa anak yang malas tidak akan mendapatkan uang tanpa usaha.

Orangtua bisa meminta anak bantu membereskan rumah sehabis ada tamu yang datang berkunjung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X