Kompas.com - 13/05/2021, 11:14 WIB
Daging panggang karandaevDaging panggang

KOMPAS.com - Pada dasarnya kita bisa mengonsumsi hampir semua makanan, termasuk yang manis dan berlemak, asalkan dalam jumlah sedang.

Tetapi perlu dipahami beberapa makanan diketahui dapat merusak tubuh kita dengan penambahan berat badan, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan banyak lagi.

Berikut ini terdapat tujuh makanan dan minuman populer yang dapat merusak tubuh seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That.

Baca juga: 4 Cara Sehat Mengolah Daging Sapi untuk Menu Lebaran

1. Daging yang dipanggang

Sering mengonsumsi daging yang dipanggang atau dibakar pada suhu tinggi hingga menghasilkan arang di luarnya dapat merusak tubuh.

"Daging panggang dapat menjadi sumber hidrokarbon polisiklik aromatik (PAH) dan amina heterosiklik (HCA) yang dianggap sebagai karsinogen potensial," kata ahli diet Holly Klamer, RDN.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan daging panggang, Klamer memiliki beberapa petunjuk.

"Efek ini dapat diminimalkan dengan memanggang potongan daging yang lebih ramping daripada daging berlemak tinggi," katanya.

Baca juga: 10 Hal yang Terjadi Jika Berhenti Makan Daging Merah

Lebih sedikit lemak berarti lebih sedikit lemak yang menetes, dibakar, dan diasapi di atas api sebagai kontributor utama pembentukan PAH saat memanggang daging.

"Cara lain untuk menurunkan risiko PAH dan HCA adalah dengan mengasinkan daging sebelum dipanggang," tambah Klamer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X