Kompas.com - 14/05/2021, 08:54 WIB
Tenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor menjadi rumah sakit (RS) khusus untuk pasien virus corona (Covid-19) sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemkes). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGTenaga kesehatan melakukan perawatan terhadap pasien Covid-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor menjadi rumah sakit (RS) khusus untuk pasien virus corona (Covid-19) sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemkes).

KOMPAS.com – Bertambah lagi alasan bagi para pria untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19. Para pakar menduga virus corona dapat mengganggu kemampuan pria di tempat tidur. Bagaimana bisa?

Infeksi Covid-19 diketahui dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang menyuplai darah ke organ penis.

Penelitian menggunakan mikroskop electron menunjukkan adanya partikel virus corona pada sampel jaringan penis dari dua pria yang pernah terinfeksi Covid-19 dan menderita impotensi setelah sembuh. Kedua pria itu terinfeksi Covid-19 sekitar 8 bulan sebelumnya.

Studi lainnya menungkap bukti kerusakan pembuluh darah di penis pada pasien Covid-19 dibandingkan dengan pria yang juga menderita disfungsi ereksi tetapi tidak pernah terinfeksi virus corona.

Baca juga: Gejala Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Mr.P Sulit Tegang

“Kami menemukan bahwa virus memengaruhi pembuluh darah yang menyuplai bagian penis, menyebabkan disfungsi ereksi,” kata peneliti senior Dr.Ranjith Ramasamy, direktur program kesehatan urologi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia melanjutkan, pembuluh darah itu menjadi malfungsi dan tidak mampu menyediakan darah yang cukup ke bagian penis untuk ereksi.

Ramasamy membandingkan kerusakan organ itu dengan yang terjadi di paru, ginjal, dan otak, pada pasien Covid-19.

“Penis juga terpengaruh sama seperti organ-organ dalam lainnya. Sepertinya efek ini bisa permanen,” ujarnya.

Baca juga: Gangguan Pembuluh Darah Juga Bisa Sebabkan Disfungsi Ereksi



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X