Kompas.com - 14/05/2021, 16:36 WIB
Ilustrasi handuk. PIXABAY/POSITIVE IMAGESIlustrasi handuk.

KOMPAS.com - Walau merasa tidak pakai makeup, tetapi rutinitas mencuci muka tetap harus dilakukan di malam hari. Jika kamu memilih memakai handuk khusus untuk mengeringkan wajah, jangan lupa handuk itu wajib dicuci rutin.

Manajer produk di Whirlpool Corporation, Anna Utley mengatakan bahwa kita harus mencuci handuk setelah tiga kali penggunaan.

"Sangat penting untuk sering mencucinya karena handuk wajah juga dapat menyerap air atau keringat sehingga lembab dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri," jelasnya.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Muka

Ilmuwan utama di Tide and Downy, Mary Johnson menambahkan bahwa sering mencuci handuk untuk wajah itu sangat penting karena 70 persen kotorannya tidak akan terlihat dengan mata telanjang.

Seperti diketahui, tubuh kita menghasilkan kotoran karena keringat dan sebagian besar dapat ditransfer ke handuk.

Selain itu, ada jenis kotoran spesifik lain yang dapat menumpuk di handuk wajah seperti lendir, ketombe, riasan, pelembap wajah, tabir surya, kotoran telinga, air liur, dan produk perawatan rambut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Langkah Tepat Mencuci Handuk agar Tetap Lembut dan Awet

Cucilah sampai bersih

Meskipun kita bisa mencucinya di mesin, tapi kita harus memastikan handuk muka sudah tercuci dengan bersih.

"Bau jamur cenderung meningkat di lingkungan yang hangat dan lembap. Jadi, handuk basah yang menempel di drum mesin cuci atau di bagian bawah keranjang cucian merupakan kondisi yang tepat untuk berkembangnya bau jamur," terangnya.

"Selain itu, penggunaan deterjen yang berkinerja buruk akan membuat kotoran dan bau tidak sedap masih menempel di handuk," sambung dia.

Baca juga: Tanda Sabun Muka yang Dipakai Tak Cocok untuk Kulit Sensitif

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X