Kompas.com - 14/05/2021, 19:51 WIB
Tanaman pasak bumi atau tongkat ali. SHUTTERSTOCKTanaman pasak bumi atau tongkat ali.

KOMPAS.com – Pasak bumi atau Eurycoma longifolia merupakan tanaman herbal yang sudah lama dikenal di Asia Tenggara. Tumbuhan herbal yang juga disebut Tongkat Ali ini paling terkenal akan khasiatnya sebagai “obat kuat” pria.

Bagian dari tanaman pasak bumi yang dipakai adalah akarnya. Hasil penelitian menunjukkan akar tanaman ini mengandung beberapa zat berkhasiat bagi tubuh, terutama meningkatkan produksi hormon testosterone.

Penelitian pada hewan di laboratorium dan juga uji pada manusia membuktikan tanaman ini mampu meningkatkan testosterone dalam tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Pasak Bumi, Bukan Hanya untuk Obat Kuat

Dalam jurnal berjudul Review Ergogenic Effect of Long Jack, Eurycoma Longifolia, pasak bumi mengandung flavonoid, alkaloid, dan senyawa lain yang berfungsi sebagai antioksidan.

Karena zat-zat aktif di dalamnya itu pasak bumi diketahui mampu meningkatkan hasrat seksual pada orang yang sehat.

Beberapa uji klinis menunjukkan pria yang mengonsumsi suplemen pasak bumi mengalami peningkatan hasrat seks dan kualitas hidup.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, konsumsi tanaman ini juga bisa memperbaiki kualitas sperma pada pria yang kurang subur.

Baca juga: 13 Tanda Testosteron Rendah, Pria Perlu Tahu

Tidak hanya untuk kesehatan seksual pria, pasak bumi ternyata juga bisa meningkatkan energi dan ketahanan otot.

Penelitian awal mengungkap, konsumsi suplemen pasak bumi dapat meningkatkan massa otot dan ketahanan pada pria yang melakukan olahraga angkat beban.

Kendati demikian, jangan sembarangan mengonsumsi suplemen pasak bumi. Beberapa suplemen diketahui terkontaminasi oleh merkuri. Selain itu, suplemen pasak bumi yang diiklankan mampu mengatasi impotensi ternyata juga dicampur dengan sildenafil (Viagra).

Konsumsi suplemen pasak bumi dalam jangka panjang juga tidak direkomendasikan karena ada efek samping tertentu.

Baca juga: Virus Corona Bisa Tertinggal di Penis dan Sebabkan Impotensi

 



Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X