Kompas.com - 15/05/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi mendengarkan musik shutterstockIlustrasi mendengarkan musik
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Baru-baru ini penelitian di China dan Denmark menyatakan bahwa mendengarkan musik hard rock dan heavy metal dapat berdampak negatif pada pilihan makanan seseorang.

Sedangkan mendengarkan musik yang tidak terlalu keras dapat menghasilkan pola makan yang lebih sehat.

Penelitian ini dipublikasikan di Appetite bulan lalu dan melibatkan 215 riset silang antara China dan Denmark.

Baca juga: Volume Suara Musik Pengaruhi Pilihan Makanan di Restoran

 

Pada penelitian ini, setiap peserta disuguhi pilihan makanan, dari yang sehat hingga yang tidak sehat, serta dipasangkan dengan jenis musik yang berbeda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peserta disuguhi dua versi lagu yang sama: satu yang lebih menenangkan (piano jazz, tempo lebih lambat, dan kunci mayor) dan satu lagi yang lebih agresif atau kuat (suara gitar melengking, ketukan cepat, drum berat, dan nada minor).

Ternyata orang yang mendengarkan lagu-lagu yang lebih tenang cenderung mencari makanan yang lebih sehat. Sedangkan, mereka yang mendengarkan musik yang lebih agresif cenderung memilih makanan yang kurang sehat.

Baca juga: Musik Metal dan Dampaknya Bagi Kesehatan, Baik atau Buruk?

Para peneliti menemukan "hubungan kausal antara suara 'sehat' atau yang menenangkan dan pilihan makanan sehat".

Kesimpulannya adalah suara dari musik hard rock dan heavy metal bisa menyabot fungsi otak  yang mengatur pengambilan keputusan.

Pilihan makanan adalah konstruksi multifaset yang tidak semata-mata dipandu keinginan lidah. 

Para ilmuwan dan pemasar telah menggunakan berbagai rangsangan, termasuk warna dan suara untuk memunculkan suasana yang memengaruhi perilaku konsumen, yang secara efektif mengarah pada peningkatan penjualan makanan dan minuman.

Salah satu peneliti terkemuka, Danni Peng-Li menambahkan pula tentang hal yang serupa.

“Biasanya, ketika kita memikirkan tentang makanan, kita memikirkan tentang rasa, aromanya, dan, penampilannya. Tetapi ternyata lebih dari itu, suara yang sering diremehkan, rupanya ikut menentukan.”

Jadi ketika kamu ingin membiasakan makan makanan sehat, dengarkanlah musik yang tenang saat makan. Simpan irama rock dan heavy metal saat berolahraga.

Baca juga: Efek Berbagai Genre Musik Terhadap Mood Kita



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X