Kompas.com - 17/05/2021, 13:55 WIB

KOMPAS.com - Tahu, bersama dengan tempe, merupakan sumber protein nabati yang sudah jadi lauk sehari-hari masyarakat Indonesia. Walau sering dianggap makanan "biasa" sebenarnya tahu memiliki nutrisi yang luar biasa.

“Tahu adalah pilihan protein nabati yang luar biasa untuk semua orang,” ungkap Desiree Nielsen, RD, penulis Eat More Plants: Over 100 Anti-Inflammatory, Plant-Based Recipes for Vibrant Living.

Tahu merupakan alternatif yang pas untuk makanan sehat, karena pembuatannya pun tidak terlalu banyak melewati proses yang berlebihan.

Baca juga: Pahami, 3 Cara Diet Nabati Turunkan Berat Badan dengan Sehat

Berikut ini adalah sejumlah manfaat tahu yang perlu diketahui:

1. Tahu mengandung banyak nutrisi

Dalam setengah cangkir tahu mengandung:

  • 94 Kalori 
  • 5,9 g Total lemak 
  • 0,9 g Lemak jenuh 
  • 0 mg Kolesterol 
  • 2,3 g Karbohidrat 
  • 0,4 Serat makanan 
  • 10 g Protein 
  • 8,7 mg Sodium 

Tahu juga mengandung protein nabati yang lengkap, Isoflavon, dan kalsium. 

Baca juga: 5 Manfaat Makan Tempe untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Sharon Palmer, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar yang berspesialisasi dalam nutrisi nabati dan hidup berkelanjutan yang mengatakan bahwa tahu memiliki kualitas protein tertinggi di antara protein nabati.

"Sama seperti daging, ikan, unggas, telur, dan produk susu, tahu mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi pasokan proteinnya sendiri."

Ginger Hultin, RDN, ahli gizi ahli diet berlisensi di Seattle mengungkapkan bahwa kedelai dalam tahu mengandung isoflavon yang merupakan antioksidan atau senyawa yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.