Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2021, 06:38 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak orang mengakui sulitnya membiasakan diri untuk membaca buku di era digital ini. Banyaknya distraksi dari teknologi informasi, seperti media sosial, hingga game online membuat kita akhirnya melupakan buku.

Manfaat membaca buku rasanya sudah banyak diketahui, namun sebenarnya kegiatan ini juga bisa membantu kita untuk jeda dari media sosial dan mengurangi kecemasan.

Kita tetap bisa menumbuhkan kembali rasa suka membaca buku. Berikut beberapa kiatnya.

Baca juga: Hari Buku Nasional, 8 Manfaat Penting Ajarkan Anak Gemar Membaca

1. Ikuti akun buku di media sosial

Jika kamu sudah lama tidak membaca, mungkin sulit mengetahui dari mana harus memulai. Kamu bisa memulainya dengan mengikuti akun Instagram atau Facebook yang secara teratur memposting tentang buku, entah itu penerbit buku, penulis, ataupun bookstagram.

Dengan mengikuti akun tersebut, kamu akan mengetahui buku-buku terbaru, best seller, judul yang sedang trending, atau bahkan membuat kamu termotivasi juga untuk rajin membaca buku.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Anak Sepanjang Masa, Cocok Dibaca Semua Umur

2. Baca apa yang kamu inginkan

Jika kamu sudah lama tidak membaca, ada baiknya untuk membaca topik tertentu yang memang ingin dibaca. Tidak perlu memaksa untuk membaca topik-topik yang berat bahkan tidak terlalu kamu sukai.

Untuk menentukan buku apa yang akan dibaca, kamu bisa mengingat kembali penulis yang tulisannya mudah untuk dicerna dan cenderung lebih ringan, lalu bisa mencari tahu karya-karya baru dari penulis tersebut.

Tangkapan layar Mendikbud Nadiem Makarim sedang membaca buku di waktu senggangnya.DOK. Instagram Nadiem Makarim Tangkapan layar Mendikbud Nadiem Makarim sedang membaca buku di waktu senggangnya.

3. Mengunjungi perpustakaan

Jika kamu sedang menghemat, kamu bisa pergi ke perpustakaan sekolah, kantor, daerah, untuk membaca buku secara gratis atau pun meminjamnya. Dengan adanya jangka waktu peminjaman juga bisa menjadi pemacu kamu segera menyelesaikan buku yang dibaca.

Baca juga: 41 Tahun Perpusnas: Menolak Stigma Orang Indonesia Malas Membaca

4. Membuat list buku yang akan dibaca

Kamu bisa membuat list atau pun jadwal buku apa yang akan dibaca pada jangka waktu mingguan atau bulanan.

Ini bisa menjadi pelacak untuk mengetahui buku mana saja yang telah dibaca dan yang belum.

Jika malas untuk menulisnya secara manual di buku, kamu bisa menuliskannya di Goodreads, platform yang pas untuk merekam apa yang telah dibaca, ingin dibaca, dan telah dibaca.

Tak hanya bisa membuat kamu lebih terarah, tetapi hal ini bisa membuat kamu jadi lebih semangat dan termotivasi untuk membaca dan menyelesaikan misi ini.

Baca juga: Panduan Membacakan Buku untuk Anak di Bawah Usia 3 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com